nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bisnis Tergerus Virus Corona, Pengusaha Bus Minta Pembayaran THR Ditunda

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 27 Maret 2020 15:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 03 27 320 2189928 bisnis-tergerus-virus-corona-pengusaha-bus-minta-pembayaran-thr-ditunda-byTWnEW857.jpeg Rupiah (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Pemerintah menyiapkan beberapa insentif untuk pengusaha operator bus. Sebab para pengusaha ini mulai sepi penumpang akibat pandemi virus corona.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengatakan, Organisasi Angkutan Darat (Organda) dalam beberapa kesempatan meminta beberapa isnentif kepada pemerintah. Misalnya saja relaksasi dalam pembayaran utang dengan keringanan bunga.

"Tadi menyangkut pembahasan insentif itu, dalam rapat banyak Kementerian/Lembaga yang dilibatkan, ini kami perwakilan saja. Organda juga ada rapat khusus dan meminta dengan kondisi sekarang ini harus adaa inisentif yang diberikan kepada mereka," ujarnya dalam telekonferensi, Jumat (27/3/2020)

Selain itu lanjut Budi, para pengusaha juga meminta untuk penundaan pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) pada pegawainya. Apalagi saat ini pemerintah berencana untuk melarang mudik pada Lebaran tahun ini.

"Mereka juga minta kalau ada pelarangan mudik, mereka bisa menunda pemberian THR kepada para pegawainya. Tetap dibayar hanya saja mungkin ditunda," katanya.

Sementara untuk kendaraan bermotor atau ojek online, pemerintah sudah menyiapkan insentif berupa relaksasi kredit. Selain itu, pemerintah juga menyiapkan bantuan langsung tunai untuk masyarakat kecil.

"Jadi insentif sudah kita pikirkan, Presiden (Jokowi) kan bilangnya cuma untuk sepeda motor dan pemberian BLT," kata Budi.

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini