nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemulihan Krisis Ekonomi Akibat Pandemi Corona Lebih Lama

Giri Hartomo, Jurnalis · Minggu 29 Maret 2020 07:39 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 03 28 20 2190512 pemulihan-krisis-ekonomi-akibat-pandemi-corona-lebih-lama-BLuM34sz14.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Penyebaran virus corona atau coronavirus (Covid-19) telah menyebabkan ekonomi global ke dalam resesi. Selain itu, virus corona menyebabkan krisis keuangan. Hal ini disampaikan Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional atau International Monetary Fund (IMF) Kristalina Georgieva

Imbas penyebaran virus corona, negara-negara harus menanggapi dengan pengeluaran stimulus yang sangat besar untuk menghindari kebangkrutan dan gagal bayar utang.

Georgieva mengatakan, negara-negara berkembang akan membutuhkan setidaknya USD2,5 triliun untuk melewati krisis dan digunakan untuk cadangan internal mereka sendiri.

"Sekarang jelas bahwa kita telah memasuki resesi yang buruk atau lebih buruk daripada tahun 2009," kata Georgieva.

Dia menambahkan, pemulihan krisis ekonomi akibat virus corona mungkin lebih lama atau pada 2021 dibandingkan krisis keuangan global 2008-2009.

"Tetapi jika kita berhasil memberantas virus ini dan mencegah masalah likuiditas menjadi masalah solvabilitas," kata Georgieva.

Baca Selengkapnya: Virus Corona Sebabkan Resesi Ekonomi, IMF: Ini Krisis Sangat Besar

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini