Mendes PDTT Pastikan BLT Dana Desa Telah Cair ke 8.157 Desa

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 27 April 2020 14:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 27 320 2205548 mendes-pdtt-pastikan-blt-dana-desa-telah-cair-ke-8-157-desa-GqLT9cmyq5.jpeg Rupiah (Shutterstock)

JAKARTA - Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT), memastikan pencairan bantuan langsung tunai (BLT), sudah ada 8.157 desa yang menyebar di 76 kabupaten sampai hari ini.

Hal itu, disampaikan oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar. Menurutnya, pencairan dilakukan sesuai dengan kondisi desa masing-masing.

 Baca juga: BLT Dana Desa Rp600.000 per Bulan Mulai Cair

"Jadi pencairan itu ada yang non tunai dan ada yang tunai karena situasi dan kondisi daerahnya," ujar dia pada telekonferensi, Jakarta Senin, (27/4/ 2020).

Kemudian, lanjut dia, non tunai, dilakukan dengan langsung transfer ke rekening penerima. Sedangkan yang tunai diberikan secara door to door. "Hal itu untuk semua memperhatikan protokol kesehatan. Saya beryukur hari ini sudah mulai cair," ungkap dia.

 Baca juga: Tak Salurkan BLT, Penyaluran Dana Desa Bisa Dihentikan

Dia juga mengajak seluruh Kepala Daerah seperti, Bupati dan Walikota untuk memberikan memudahan kepada desa dalam melaksanakan penyaluran BLT. Hal itu seiring dengan urusan kemanusiaan.

"Jadi kami berharap Bupati dan Walikota menempatkan kemanusiaan di atas segalanya," tandas dia.

Sebelumnya, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) memastikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa telah cair di berbagai wilayah. Keluarga miskin yang terdampak pandemi virus corona atau Covid-19 mendapatkan penyaluran perdana Rp600 ribu per bulan, dimulai April sampai Juni 2020.

 Baca juga: BLT Desa Rp600.000/Bulan untuk Keluarga Miskin

Kepala Pusat Data dan Informasi Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi Ivanovich Agusta mengatakan, salah satu contoh desa yang telah mendapatkan dana desa, yakni Desa Lele, Kecamatan Mandioli Selatan, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara, telah melakukan penyaluran BLT Dana Desa sebesar Rp600.000 perkeluarga kepada 60 keluarga miskin untuk bulan pertama.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini