Share

Belum Ada Pelonggaran PSBB, Presiden Jokowi: Baru Sebatas Skenario

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 18 Mei 2020 12:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 18 320 2215787 belum-ada-pelonggaran-psbb-presiden-jokowi-baru-sebatas-skenario-DhOfEQb9Tq.jpg Presiden Jokowi (Foto: Setkab)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, pemerintah belum berencana melonggarkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di tengah pandemi virus corona atau Covid-19.

"Saya tegaskan belum ada pelonggaran PSBB. itu keliru di masyarakat bahwa pemerintah melonggarkan PSBB. Belum. Jadi belum ada kebijakan pelonggaran PSBB," kata Jokowi dalam Rapat Terbatas secara virtual, Jakarta, Senin (18/5/2020).

Baca Juga: Presiden Jokowi Tegaskan PSBB Tak Akan Dicabut Meski Telah Aman dari Corona

Jokowi menjelaskan, yang saat ini dipersiapkan pemerintah adalah sebatas rencana atau skenario pelonggaran yang akan diputuskan saat waktu yang tepat..

"Diputuskan setelah ada timing yang tepat setelah melihat data-data di lapangan. Biar semua jelas, karena kita harus hati-hati jangan keliru kita mau memutuskan," kata Jokowi.

Baca Juga: Presiden Jokowi: Kita Harus Hati-Hati, Jangan Sampai Keliru Longgarkan PSBB

Jokowi menambahkan, dalam dua minggu ke depan, pemerintah akan tetap fokus dari mudik dan penanganan arus balik.

"Oleh sebab itu saya minta Kapolri dan dibantu Panglima TNI untuk memastikan pelarangan mudik efektif di lapangan," kata Jokowi.

Jokowi menegaskan bahwa mudik Lebaran tetap dilarang, namun transportasi tetap diperbolehkan beroperasi. "Perlu diingat itu yang kita larang mudiknya bukan transportasinya. Sekali lagi transportasi logistik, pemerintahan, urusan kesehatan, urusan pemulangan PMI kita dan ekonomi esensial itu tetap masih bisa berjalan dengan protokol kesehatan," kata Jokowi.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini