Pembebasan Lahan Hambat Proyek Strategis Nasional, Jokowi: Selesaikan Secepatnya!

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 29 Mei 2020 12:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 29 320 2221410 pembebasan-lahan-hambat-proyek-strategis-nasional-jokowi-selesaikan-secepatnya-tLNMvaoJ4i.jpg Presiden Jokowi (Setkab)

JAKARTA - Pemerintah mengakui masih ada beberapa kendala dalam merealisasikan dalam menggarap Proyek Strategis Nasional. Salah satunya adalah masalah pembebasan lahan.

Presiden Joko Widodo mengatakan, pembebasan lahan memang masih menjadi masalah klasik bagi pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN). Oleh karena itu, dirinya ingin agar masalah tersebut bisa diselesaikan secepatnya.

"Selesaikan secepat-cepatnya berbagai hambatan bagi pelaksanaan PSN di lapangan. Saya terima laporan bahwa hambatan paling besar masih pada urusan pembebasan lahan," ujarnya dalam membuka rapat terbatas, Jumat (29/5/2020).

Menurut Jokowi, dirinya ingin agar seluruh proyek strategis nasional tetap dijalankan meskipun sedang terjadi virus Corona. Bahkan dirinya meminta agar seluruh proyek strategis nasional bisa dipercepat.

Menurut Jokowi, ada beberapa PSN yang bisa mendongkrak ekonomi kerakyatan. Misalnya saja adalah percepatan program sertifikasi tanah untuk rakyat hingga peremajaan perkebunan rakyat.

"Saya mencatat beberapa PSN yang penting bagi pemerataan dan penguatan ekonomi rakyat. Misalnya seperti program sertifikasi tanah untuk rakyat, legalisasi lahan transmigrasi reforma agraria, perhutanan sosial serta peremajaan perkebunan rakyat," jelasnya.

Meskipun begitu, Mantan Gubernur DKI Jakarta itu meminta agar pengerjaan proyek strategis nasional dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat. Hal ini dilakukan untuk menghindari penyebaran virus Corona.

"Saya ingin pastikan bahwa program-program prioritas ini tetap berjalan tetapi tetap mengikuti protokol kesehatan secara ketat," kata Jokowi.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini