Bisnis Suram karena Covid-19, AP II Pangkas Belanja Modal Jadi Rp1,1 Triliun

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 15 Juni 2020 14:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 15 320 2230286 bisnis-suram-karena-covid-19-ap-ii-pangkas-belanja-modal-jadi-rp1-1-triliun-lcupQpXd4f.jpg Dampak Virus Corona terhadap Kinerja Keuangan Angkasa Pura. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - PT Angkasa Pura II (Persero) melakukan berbagai upaya untuk mempertahankan kelangsungan bisnis di tengah perjalanan orang dengan pesawat berkurang signifikan pada pandemi Covid-19. Salah upaya yang dilakukan adalah memangkas belanja modal (capital expenditure/capex).

Pada awal 2020, perseroan menetapkan capex Rp7,8 triliun, namun seiring dengan pandemi, capex dipangkas menjadi Rp1,4 triliun, dan kemudian diperketat lagi menjadi Rp1,1 triliun.

Baca Juga: Erick Thohir Gabungkan Angkasa Pura I dan II

"Perseroan menekan biaya operasional, memangkas belanja modal dan memperketat manajemen arus kas (cash flow management)," ujar President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, dalam keterangannya, Senin (15/6/2020).

Capex tahun ini khusus digunakan untuk proyek yang bersifat multiyears, pemeliharaan fasilitas guna menjamin keamanan, keselamatan, pelayanan, serta perumusan desain Terminal 4 Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Baca Juga: Sudah Jatuh Tempo, BUMN Harap-Harap Cemas Pencairan Utang Pemerintah Rp108 Triliun

“Tahun ini bukan tahun ekspansi bagi PT Angkasa Pura II karena kami memperhitungkan segala sesuatunya di tengah pandemi ini,” ujar Awaluddin.

Dirinya mengatakan, dengan memangkas belanja modal ini merupakan bagian dari upaya mempertahankan kelangsungan bisnis (business survival) yang dijalankan sejak Maret 2020 atau saat pandemi ditetapkan, supaya konektivitas udara Indonesia tetap terjaga.

“Fokus di dalam business survival itu adalah memperhitungkan pengeluaran dengan ketat melalui program Cost Leadership, lalu memangkas capex, serta memperketat cash flow management,” ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini