Startup Fabelio Raih Pendanaan Seri C Rp126,54 Miliar, Buat Apa?

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 17 Juni 2020 21:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 17 320 2231874 startup-fabelio-raih-pendanaan-seri-c-rp126-54-miliar-buat-apa-RP9wBUY5xK.jpg Startup (Shutterstock)

JAKARTA - Startup di bidang ritel furnitur, Fabelio mengumumkan bahwa telah berhasil memperoleh pendanaan senilai USD9 juta setara Rp126,54 miliar (Rp14.060 per USD) sebagai bagian dari pendanaan Seri C-nya. Sehingga, menjadikan total pendanaan yang diraih mencapai lebih dari USD20 juta.

Babak pendanaan ini akan mempercepat perkembangan jaringan rantai pasok logistik pusat dan experience center Fabelio. Hal ini guna mendukung ekspansi domestik perusahaan ke sejumlah wilayah di Indonesia seperti Jawa dan Bali pada November 2020.

 Baca juga: Hand Sanitizer, Paling Banyak Dicari di E-Commerce

Penutupan pertama dari pendanaan itu dipimpin oleh perusahaan ventura asal Taiwan, AppWorks, Endeavour Catalyst , dan MDI Ventures yang didukung oleh Telkom Group. Sebagai bagian dari pendanaan ini, Partner AppWorks, Jessica Liu akan bergabung ke dalam Dewan Direktur Fabelio.

CEO dan Co-Founder Fabelio Marshall Tegar Utoyo mengatakan setelah lima tahun meningkatkan bisnis dan menanamkan nilai dasar strategi ‘ritel baru’, Fabelio siap untuk mempercepat pertumbuhan dengan pendanaan Seri C ini. Dirinya pun bersyukur dengan masuknya investor-investor baru ke Fabelio.

“Kami sangat bersyukur atas para investor baru kami dari AppWorks, Endeavour Catalyst dan MDI Ventures atas dukungan dan keahlian global mereka. Fokus utama kami adalah meningkatkan kategori produk dan waktu pengiriman. Di luar itu, kami akan memperluas bisnis kami di seluruh Indonesia dengan membuka gudang penyimpanan baru dan experience center di kota-kota baru,” kata Marshall dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Rabu (17/6/2020).

 Baca juga: Di Tengah Pandemi Covid-19, Transaksi Pembelian E-Commerce Tak Ada Tatap Muka

Marshall mengatakan Fabelio melihat lebih banyak perusahaan Amerika Serikat dan Tiongkok yang mendirikan basis operasi mereka di Indonesia. Sekaligus membuka peluang untuk perdagangan dan manufaktur global.

"Tren pasar ini, digabungkan dengan upaya-upaya mereka akan memungkinkan kami meraup pangsa yang lebih besar di pasar furnitur di Indonesia yang bernilai USD6,7 miliar,” katanya.

Sejak didirikan di Indonesia pada 2015, Fabelio menawarkan produk furnitur berkualitas tinggi dan desain terkurasi, dengan keterlibatan pengrajin lokal serta penawaran harga yang menarik. Fabelio juga menawarkan layanan gratis pengiriman di hari yang sama dan garansi dua tahun untuk semua.

Fokus utama Fabelio pada 2020 adalah meningkatkan pangsa pasar yang akan didukung lewat upaya perekrutan SDM engineering, upaya pemasaran berkelanjutan secara online, pengembangan produk dan perbaikan operasional. Perusahaan ini juga sedang secara aktif mencari investor regional di Asia Tenggara dan Tiongkok untuk menutup babak Seri C mereka pada akhir 2020, sehingga memungkinkan Fabelio untuk mencapai misinya dalam menyediakan furnitur berkualitas tinggi dan layanan pelanggan yang luar biasa, sehingga pada akhirnya dapat memenangkan kepercayaan pelanggan di Indonesia.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini