Sederet Dampak Covid-19 ke Sektor Perdagangan Indonesia

Fadel Prayoga, Jurnalis · Rabu 24 Juni 2020 20:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 24 320 2235846 sederet-dampak-covid-19-ke-sektor-perdagangan-indonesia-T78SzViDy6.jpeg Waspada Virus Corona. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menjelaskan beberapa dampak pandemi Covid-19 terhadap dunia perdagangan di Indonesia. Di antaranya terjadi perubahan pola perdagangan global karena pandemi ini melanda seluruh negara di dunia.

“Supply-demand yang terganggu, pelarangan ekspor-impor komoditas pangan dan kesehatan, perubahan pusat rantai pasok global dari China, AS dan Jerman,” kata Agus dalam diskusi virtual, Rabu (24/6/2020).

Baca Juga: Gawat! Kasus Positif Covid-19 di Sulawesi Selatan Semakin Melonjak

Selain itu, lanjut dia, akibat pandemi ini pun turut menaikkan biaya logistik. Beberapa negara yang menerapkan sistem lockdown membuat pengiriman barang memakan waktu yang lama hingga biayanya pun bertambah.

“Biaya pengiriman logistik bertambah karena pengiriman pun harus mengikuti protokol kesehatan,” ujarnya.

Baca Juga: Sri Mulyani, Menko Airlangga dan Pak Bas Jalan Sore Bareng, ke Mana?

Dia menambahkan, efek negatif dari Covid-19 pun juga berdampak kepada kerjasama perdagangan dengan beberapa negara lain tidak berjalan dengan baik. Apabila, masalah ini tidak diatasi secara baik, maka akan menimbulkan resesi ekonomi.

“Bahkan bisa mengancam kepada resesi ekonomi global,” kata dia.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini