Share

Untuk Bisa #TerusUsaha di Masa New Normal, Ini Yang Bisa Kamu Lakukan

Fitria Dwi Astuti , Okezone · Rabu 01 Juli 2020 19:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 01 11 2239688 untuk-bisa-terususaha-di-masa-new-normal-ini-yang-bisa-kamu-lakukan-90GxB6rqmZ.jpg foto : Dok Grab

JAKARTA- Buat kamu yang ingin memulai dan mengembangkan bisnis di masa New Normal saat ini, kamu bisa bergabung dengan program #TerusUsaha. Grab Indonesia meluncurkan program #TerusUsaha pada Selasa (30/6/2020). Program ini didedikasikan untuk mendukung digitalisasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar dapat beradaptasi dan berkembang.

President of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata mengatakan, program ini mencakup berbagai inisiatif akselerasi khusus untuk melatih dan meningkatkan keterampilan UMKM, serta iklan gratis untuk membantu mereka meningkatkan visibilitas secara online sehingga dapat meningkatkan penjualan.

"TerusUsaha adalah bagian dari komitmen GrabForGood yang bertujuan untuk memberikan akses teknologi, peningkatan keterampilan, dan layanan digital serta juga mendukung inisiatif #BanggaBuatanIndonesia milik pemerintah," ujar Ridzki dalam siaran pers virtual , Selasa (30/6/2020).

Dalam peluncuran program #TerusUsaha yang dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyampaikan apresiasi terhadap inisiatif Grab. Menurutnya, migrasi ke sistem online ini sangat diperlukan untuk mendorong efisiensi dan produktivitas UMKM.

โ€œDigitalisasi saat ini menjadi semakin penting daripada sebelumnya, dan saya senang Grab mengambil peran untuk mendukung UMKM Indonesia dalam perjalanan itu,โ€ ujar Airlangga Hartarto.

Maka dari itu, kamu yang ingin terus usaha semangat juang memulai dan mengembangkan bisnis di era New Normal, Grab akan meluncurkan berbagai inisiatif dalam 6 bulan ke depan untuk membantu UMKM dengan :

โ— Meningkatkan Visibilitas dan Permintaan untuk UMKM

Dukung Usahawan Lokal โ€“ Grab akan membantu puluhan ribu UMKM untuk meningkatkan visibilitas online dan meningkatkan penjualan melalui penyediaan iklan gratis khusus pada laman utama aplikasi. Grab juga akan memberikan ruang untuk beriklan di media sosial dan saluran digital Grab, serta influencer media sosial yang bekerja sama dengan Grab. Grab akan menanggung biaya dan sumber daya yang dibutuhkan untuk membuat materi pemasaran ini.

โ— Memberikan Pelatihan Keterampilan dan Pertumbuhan bagi Bisnis Kecil

Bagi kamu yang ingin atau baru saja memulai berbisnis, Grab menyiapkan serangkaian program yang memberikan pelatihan dan peningkatan keterampilan bagi UMKM Indonesia.

Grab Akselerator UMKM: Grab bermitra dengan organisasi nirlaba, Sahabat UMKM, dalam menyediakan program akselerasi lengkap bagi pemilik usaha kecil di Indonesia. Peserta terpilih akan mengikuti program pelatihan selama 2,5 bulan yang difokuskan pada:

โ— Business Assessment: Fokus pada topik seperti legalitas, pemasaran, literasi keuangan, hingga daya saing produk

โ— Product Review: Sesi bagi para ahli untuk menilai produk dan rencana bisnis dari para peserta

โ— Konsultasi: Sesi untuk mendiskusikan berbagai topik seputar ekspansi pasar, pengelolaan sumber daya, modal, dan bantuan bisnis Pelatihan akan diberikan oleh praktisi yang ahli dan berpengalaman di bidangnya.

Menciptakan Kesempatan Pendapatan Baru Bagi Mereka yang Membutuhkan

Tak hanya itu, Grab juga menghadirkan inisiatif untuk membantu masyarakat yang mata pencahariannya terdampak akibat Covid-19, untuk bergabung sebagai agen individu GrabKios. Mereka bisa menawarkan produk finansial dan digital seperti pengiriman uang, pembelian produk asuransi mikro, pembayaran tagihan, dan pulsa melalui aplikasi GrabKios kepada komunitas sekitar mereka. Hal ini akan membantu mereka mendapatkan penghasilan tambahan, selain juga membantu menyediakan layanan digital bagi 170 juta masyarakat Indonesia yang belum memiliki akses perbankan atau yang terbatas. Individu yang tertarik hanya perlu mengunduh aplikasi GrabKios untuk mendaftar, dimana proses verifikasi hanya memerlukan waktu 24 jam sebelum mereka bisa mulai berjualan.

ย 

Mari memulai atau mengembangkan bisnis bersama Grab, yuk daftarkan diri di microsite GrabForGood. Microsite ini khusus diperuntukan bagi jutaan UMKM untuk mencari tips terkait pengembangan bisnisnya, inspirasi dari bisnis kecil yang sukses, dan cara bergabung dalam ekosistem digital Grab dengan klik: www.grabforgood.id. CM

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(yao)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini