Bos BI Beberkan 'Angin Segar' Bagi Ekonomi Indonesia di Kuartal II-2020

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 16 Juli 2020 18:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 16 20 2247538 bos-bi-beberkan-angin-segar-bagi-ekonomi-indonesia-di-kuartal-ii-2020-f6ycXJq8TY.jpg Gubernur BI Perry Warjiyo (Foto: Okezone)

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) memperkirakan pertumbuhan ekonomi pada kuartal II-2020 bakal terkontraksi hingga minus 4%. Pelemahan ekonomi tersebut tak dapat terhindari akibat dampak dari pandemi Covid-19.

Menurut Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, pertumbuhan ekonomi pada kuartal II-2020 bakal terkontraksi. Namun, Bank Indonesia melihat adanya beberapa kemungkinan, yang bisa menjadi semacam angin segar bagi kontraksi ekonomi tersebut.

 Baca juga: Aliran Modal Asing Deras, Rupiah Perkasa di Kuartal II-2020

Dirinya mengatakan, beberapa sentimen positif bagi perekonomian nasional RI kuartal II-2020 itu yakni adanya perkembangan positif pada permintaan domestik. "Jadi, hal yang tercermin dari peningkatan penjualan ritel secara bulanan, aktivitas manufaktur, ekspektasi konsumen, dan sejumlah hal lain," ujar dia dalam telekonferensi, Kamis (16/7/2020).

Dia juga menjelaslan sejumlah aktivitas ekonomi yang mulai menggeliat dan bangkit kembali sejak diterpa badai Covid-19. Di mana, saat ini juga sudah mulai terlihat.

 Baca juga: Suntik Likuiditas Perbankan hingga Rp633,24 Triliun, Ini Penjelasan Bos BI

"Misalnya dalam data dari kegiatan ekspor pada bulan Juni 2020, yang menurutnya sudah mulai mengalami peningkatan kecil. Apabila dibandingkan dengan kondisi di masa awal pandemi beberapa waktu lalu," tandas dia.

Pihaknya pun optimistis jika pertumbuhan ekonomi bisa semakin membaik, khususnya dengan kecepatan stimulus fiskal, maka langkah perbaikan ekonomi di kuartal II-2020 tersebut bukanlah sesuatu yang mustahil.

"Tentunya, harus ditopang oleh sejumlah aspek penunjang lain. Seperti aspek kemajuan restrukturisasi kredit, atau bahkan pemanfaatan digitalisasi teknologi khususnya bagi para UMKM," tandas dia.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini