Wajah Baru Masjid Istiqlal, Dilengkapi Teknologi Pencahayaan Canggih

Natasha Oktalia, Jurnalis · Senin 20 Juli 2020 16:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 20 470 2249287 wajah-baru-masjid-istiqlal-dilengkapi-teknologi-pencahayaan-canggih-QprajGuIZO.png Renovasi Masjid Istiqlal (Foto: Dok PUPR)

JAKARTA - Jelang Idul Adha 1441 H, pekerjaan renovasi Masjid Istiqlal Jakarta telah selesai. Renovasi ini adalah pertama dan terbesar sejak dibangunnya masjid 41 tahun lalu. Salah satu aspek yang direnovasi adalah pencahayaan masjid.

Masjid terbesar di Asia Tenggara ini kini menggunakan teknologi smart lighting dengan 3.600 titik lampu di ruang sholat utama, sehingga walau terang tetap terasa teduh.

Baca Juga: 7 Fakta Renovasi Masjid Istiqlal, Selesai Juli 2020 

Pencahayaan kubah dalam memakai teknologi dynamic white yang bisa berubah warna setiap hari, sementara kubah luar mengimitasi warna cahaya bulan yang diatur dengan komputer. Demikian seperti dikutip akun Instagram resmi Kementerian PUPR, Jakarta, Senin (20/7/2020).

Keistimewaan lainnya, lampu hemat energi yang digunakan dalam masjid tersebut dapat diatur melalui aplikasi smartphone yang khusus dipegang oleh pengelola masjid.

Baca Juga: Istiqlal Tak Gelar Sholat Id, Bagaimana dengan Pembagian Daging Kurban? 

Dalam waktu dekat masjid yang direnovasi oleh PT Waskita Karya selaku kontraktor pelaksana dan PT Virama Karya selaku konsultan manajemen konstruksi akan diresmikan.

Sebelumnya, dalam melakukan renovasi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menekankan kepada kontraktor pelaksana untuk tidak hanya memaksimalkan fungsi Masjid Istiqlal sebagai tempat ibadah, tetapi juga memperhatikan arsitektur, seni, estetika, dan yang tidak kalah penting tetap mempertahankan pada kaidah-kaidah cagar budaya bangunan masjid.

"Jangan lupa untuk tetap menaati protokol pencegahan Covid-19 ya saat memanfaatkan mesjid ini nantinya." tullisnya.

Masjid Istiqlal

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini