4 Cara Memulai Bisnis agar Cepat Sukses

Safira Fitri, Jurnalis · Rabu 12 Agustus 2020 10:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 12 320 2260842 4-cara-memulai-bisnis-agar-cepat-sukses-vFPjofxWat.jpg Cara Memulai Bisnis Baru. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Tidak semua orang bisa melakukan bisnis, walau tahu cara berbisnis dan ingin mulai menjalaninya. Tapi kenyataan bahwa bisnis tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Lantas, bagaimana agar berhasil dalam menjalankan bisnis? Apa yang harus dilakukan? Bagaimana kiat-kiatnya?

Okezone mengutip dari buku "Kiat Sukses Bisnis, Kiat Sukses Kerja" oleh Ichsanudin, Jakarta, Rabu (12/8/2020), berikut hal yang paling penting dalam berbisnis.

Pertama, jual produk yang perputarannya cepat. Kenapa harus menjual produk yang perputarannya cepat? Kalau menjual produk yang perputarannya lambat, tentu lama berkembangnya, keuntungannya tidak memuaskan.

Baca Juga: Bisnis Menggiurkan Budidaya Tanaman Porang di Tengah Covid-19

Tapi kalau perputarannya cepat walaupun margin keuntungannya sedikit itu akan lebih baik. Apalagi bila perputarannya cepat dan margin keuntungannya banyak, itu yang diidamkan oleh pelaku bisnis.

Kedua, jual produk yang margin keuntungannya besar. Produk ini biasanya perputarannya tidak terlalu cepat, namun sekali menjual akan mendapatkan keuntungan yang sangat banyak.

Misalnya, usaha kontraktor, sekali dapat proyek nilainya bisa mencapai trilyunan dan keuntungannya pun biasanya sangat besar.

Baca Juga: Memulai Bisnis Jangan Kebanyakan Teori, Idenya Bisa Dicolong

Ketiga, jual produk yang dibutuhkan orang. Produk yang dibutuhkan banyak orang biasanya disebut juga dengan consumer good, misalnya sabun, pasta gigi, obat-obatan, detergen, dan sebagainya.

Bila produk dibutuhkan orang, maka penjualannya pun mudah, karena orang butuh dengan produk kita, bahkan produk kita pun dicari banyak orang, kita hanya cukup memproduksi saja.

Bisnis consumer good tidak akan mati selama dibutuhkan orang, yang penting adalah mutu produk dan harga yang terjangkau. Karena biasanya produk-produk semacam itu persaingannya sangat ketat.

Keempat, carilah bisnis tanpa modal, tanpa risiko. Bisnis menjualkan perumahan, broker properti dengan keuntungan banyak dan tanpa modal, tanpa risiko juga.

Tanpa modal karena sang pemilik rumah meminta broker untuk menjualkan rumahnya, risiko kerugian tidak ada. Tentu rumah yang dijualkan itu rumah resmi, bukan rumah sengketa. Ini bisnis yang cukup menantang bagi siapa yang dapat menjalankannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini