BLT Rp1,2 Juta Cair, Jangan Lupa Bayar Cicilan Ya

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 31 Agustus 2020 14:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 31 622 2270225 blt-rp1-2-juta-cair-jangan-lupa-bayar-cicilan-ya-syVJntY4wF.jpg Uang Rupiah. Foto: Ilustrasi Shutterstock

JAKARTA - Mendapat bantuan Rp1,2 juta dari pemerintah bukan alasan untuk menghambur-hamburkan uang sesuka hati. Pengeluaran tetap harus dikontrol, agar bantuan tersebut tidak sia-sia.

Perencana Keuangan Andi Nugroho mengatakan, meskipun BLT ini diperuntukkan untuk mendongkrak konsumsi, namun tetap saja harus bijak dalam mengeluarkan uangnya. Menurutnya, uang bantuan tersebut ada baiknya digunakan untuk hal-hal yang sangat dibutuhkan.

Baca Juga: Cek Rekening, Besok 3 Juta Pekerja Terima BLT Rp1,2 Juta

"Kalau mereka mau membelanjakan berarti membelanjakan atau hal- hal ataupun barang-barang yang sangat dibutuhkan saat ini," ujarnya saat dihubungi Okezone, Senin (31/8/2020).

Menurut Andi, salah satu contoh penggunaan dana BLT ini adalah untuk membantu cicilan kredit. Meskipun tidak seluruhnya diperuntukkan untuk membayar cicilan, namun yang penting nominalnya bisa membantu meringankan beban cicilan.

Sebagai ilustrasi, jika memiliki cicilan kendaraan bermotor Rp600.000 per bulan. Bisa mengalokasikan Rp300.000 dari BLT untuk meringankan beban cicilan.

Baca Juga: Tak Dapat BLT Subsidi Gaji Rp1,2 Juta? Lapor ke Sini

"Karena kalau 600.000 untuk bayarin cicilannya masih kurang lah ya. Tapi alternatifnya seperti itu untuk nambahin mereka bayar cicilan kendaraan bermotor itu," jelasnya.

Menurut Andi, meskipun jumlahnya tidak besar, namun cukup membantu meringankan. Apalagi, ada beberapa pekerja yang mungkin mengalami pemangkasan upah atau gaji.

"Kemudian untuk misalnya ada beberapa keluarga yang mungkin mereka enggak kena PHK tapi, kena pengurangan gaji. Tapi di satu sisi mereka masih menanggung biaya kredit kendaraan bermotor atau kredit rumahnya, nah BLT itu bisa digunakan untuk nambahin mereka untuk pembayaran cicilannya," jelasnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini