Menko Airlangga Tegaskan Pusat dan Daerah Satu Tindakan Tangani Covid-19

Binti Mufarida, Jurnalis · Kamis 10 September 2020 16:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 10 320 2275665 menko-airlangga-tegaskan-pusat-dan-daerah-satu-tindakan-tangani-covid-19-X8MNpMFzsc.jpg Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Foto: Kemenko Perekonomian)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam penanganan Covid-19 dan ekonomi di Tanah Air harus dalam satu bahasa dan satu tindakan.

Hal ini diungkapkan Airlangga usai melakukan rapat koordinasi antara Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional bersama Kepala Daerah dan sejumlah Menteri.

Baca Juga: Ekonomi RI Bisa Minus di Atas 3%

“Dalam pembahasan tadi disepakati bahwa bisa menyeimbangkan antara kegiatan yang terkait dengan pencegahan penyebaran Covid dan juga tentu mempertimbangkan terkait dengan pemulihan perekonomian,” ungkapnya dalam Konferensi Pers di Media Center Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Graha BNPB, Jakarta, Kamis (10/9/2020). 

Sehingga, tegas Airlangga antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah harus berkoordinasi bergerak dalam satu bahasa dan satu tindakan dalam penanganan Covid-19 dan ekonomi.

 Baca Juga: Kasus Covid-19 Melonjak, Menko Airlangga Soroti Ganjil Genap di Jakarta

“Kita melihat bahwa pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam penanganan Covid-19 dan ekonomi kita bergerak dalam satu bahasa dan satu tindakan dan rakor yang tadi dilakukan adalah untuk menyeimbangkan hal-hal yang menjadi masukan-masukan ataupun concern-concern yang ada,” tegasnya.

Selain itu, Airlangga memaparkan penanganan Covid-19 di Indonesia saat ini terlihat dari keseluruhan angka kesembuhan. “Dan menyadari bahwa dalam penanganan Covid ini Indonesia secara keseluruhan itu yang sembuh adalah 71,5% dan yang case fatality rate itu sebesar 4,1%. Dan kalau kita lihat khusus misalnya DKI itu kesembuhannya sekitar 75,2%,” ungkapnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini