Jokowi Mau Bangun Utara Jawa Sebagai Pusat Industri

Rina Anggraeni, Jurnalis · Selasa 22 September 2020 14:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 22 320 2281810 jokowi-mau-bangun-utara-jawa-sebagai-pusat-industri-Pwv2g6JSXa.jpg Logistik (Okezone)

JAKARTA - Pemerintah akan mengembangkan Kawasan Industri. Pasalnya sepanjang koridor utara Jawa akan menjadi kawasan industri.

“Kita ketahui bersama bahwa wilayah pusat pertumbuhan industri di Jawa ada wilayah pusat di Banten, terdiri dari Cilegon, Tangerang, dan Serang,” kata Menteri koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Jakarta, Selasa (22/9/2020)

 Baca juga: 27 Kawasan Industri Disiapkan Tampung Duit Investor Asing

Kemudian, lanjutnya, di Jawa Barat bagian Barat, yaitu Bogor, Bekasi, Karawang, Purwakarta, dan Subang.

“Lalu wilayah pengembangan industri di Jawa Barat bagian timur itu kawasan baru Rebana, serta tempat Pelabuhan Patimban yaitu Cirebon, Indramayu, dan Majalengka,” sambungnya.

 Baca juga; Sambut Investor, 27 Kawasan Industri Terpadu Disiapkan hingga 2024

Airlangga menyebut total ada 71 kawasan industri sepanjang koridor utara Jawa. Subang akan menjadi kawasan industri logam, pangan, dry port atau pelabuhan daratan, transportasi, dan pengolahan makanan.

"Kemudian Majalengka tempat (Bandara) Kertajati itu untuk penerbangan kargo logistik, tekstil, pangan, juga plastik sintetik," ungkapnya.

 Baca juga: Bahas Relokasi Pabrik dari China, Menko Airlangga Panggil Erick Thohir

Daerah Indramayu akan dijadikan sentra pengembangan kimia hulu, pengolahan ikan, kimia dasar, hulu agro, petrokimia hulu, dan resin sintetik. Lalu Cirebon diproyeksikan menjadi tempat pengolahan ikan, furniture, perkapalan, industri pakan, dan bahan galian non-logam.

Untuk wilayah Jawa Tengah, ada Batang, Kendal, Semarang, dan Demak. Sementara di Jawa Timur ada Tuban, Lamongan, Gresik, Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, dan Bangkalan.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini