Harbolnas 11.11, Duit BLT Bisa Dipakai Beli Kebutuhan Pokok

Fadel Prayoga, Jurnalis · Rabu 11 November 2020 06:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 10 622 2307544 harbolnas-11-11-duit-blt-bisa-dipakai-beli-kebutuhan-pokok-YlyNSZtjEq.jpg Belanja Online (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Kementerian Ketenagakerjaan mulai menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) subsidi gaji termin kedua. Untuk tahap pertama, Kementerian Ketenagakerjaan sudah mengantongi 2,1 juta data masyarakat yang akan menerima subsidi gaji.

Pemerintah mengharapkan dana tersebut dibelanjakan agar menyelamatkan ekonomi Indonesia dari jurang resesi. Pasalnya, dengan banyaknya uang berputar di kalangan masyarakat maka tingkat daya beli akan meningkat.

Baca Juga: BLT Bocor ke Pekerja Bergaji di Atas Rp5 Juta, Menaker: Kita Selidiki

Namun, meski diimbau untuk dibelanjakan, tapi penggunaan uang tersebut diharapkan tak asal-asalan. Untuk menyiasatinya, penerima BLT bisa memanfaatkan diskon Harbolnas 11.11 untuk membeli kebutuhan pokok.

Perencana Keuangan dari OneShildt Agustina Fitria mengimbau agar uang tersebut dihabiskan untuk membeli kebutuhan pokok seperti stok makanan dan minuman keluarga maupun pribadi. Lalu, ada juga dialokasikan untuk biaya transportasi bekerja.

"BLT memang sebaiknya digunakan untuk kebutuhan mendasar seperti makanan, transportasi untuk kerja, dan kebutuhan kesehatan," kata Agustina kepada Okezone, Selasa (10/11/2020).

Apabila masih terdapat sisa, maka harus dihindarkan untuk membeli barang-barang yang sifatnya konsumtif. Salah satu contohnya yakni membeli kebutuhan yang dibutuhkan saat menjalani kerja dari rumah atau work fromn homen (WFH).

"Jika masih ada sisa, bisa digunakan untuk yang menunjang pekerjaan atau kebutuhan pekerjaan selama WFH. Seperti kursi dan meja yang nyaman untuk kerja atau belajar di rumah," ujarnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini