4 Fakta Pencairan BLT Subsidi Gaji ke Rekening Himbara Vs BCA Cs

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Sabtu 21 November 2020 06:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 20 320 2313378 4-fakta-pencairan-blt-subsidi-gaji-ke-rekening-himbara-vs-bca-cs-NsBRlcJzaS.jpg Uang Rupiah (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Bantuan Subsidi Upah (BSU) gelombang II sudah mulai diberikan kepada pekerja terdampak Covid-19 dengan upah di bawah Rp5 juta per bulan. Sayangnya, BLT gelombang II belum ditransfer ke bank swasta.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah meminta para pekerja yang memiliki rekening bank swasta untuk lebih bersabar dalam pencairan BLT subsidi gaji termin II. Saat ini, pencairan BLT subsidi gaji termin II memasuki batch ketiga.

Berikut adalah fakta mengenai pencairan BLT subsidi gaji yang dirangkum Okezone, Sabtu (21/11/2020).

Baca Juga: BLT Tak Kunjung Masuk Rekening, Ini Masalahnya

1. BLT Sudah Diterima 1,5 Juta Pekerja

Ida Fauziyah mengatakan, jika melihat realisasinya, penyaluran BLT subsidi gaji termin kedua batch pertama dan kedua ini masih belum tersalurkan seluruhnya. Karena jumlah anggaran yang tersalurkan pada tahap I dan II baru sebesar Rp1,8 triliun dari total Rp5,8 triliun yang disalurkan

Jika dilihat dari realisasi sementara penyaluran subsidi gaji/upah termin kedua, tahap I telah tersalurkan kepada 844.083 pekerja/buruh atau 38,71%. Sedangkan tahap II telah tersalurkan kepada 685.427 pekerja/buruh atau 25,26%. Jumlah anggaran yang sementara tersalurkan dari tahap I dan II sebesar Rp1,8 triliun.

Jika ditotal, jumlah peserta menerima juga baru sekitar 1.529.510 pekerja atau buruh saja. Angka tersebut dilihat dari realisasi pada batch pertama yang baru mencapai 38,71% atau 844.083 pekerja atau buruh.

2. Harap Bersabar

Laporan sementara dari Bank Penyalur per 15 November kemarin, realisasi penyaluran untuk termin kedua secara total tahap 1 dan tahap 2, sudah mencapai 1,5 juta orang.

"Sisanya masih dalam proses penyaluran dan terus kami monitor perkembangan penyalurannya. Saya mohon agar para pekerja/buruh bersabar karena jumlah dana yang harus ditransfer Bank Penyalur ke masing-masing rekening penerima cukup besar, baik yang rekeningnya Bank Himbara maupun yang rekeningnya Bank Swasta," kata Ida.

3. Curhatan Netizen

Meski dana yang telah digelontorkan dalam BLT gaji termin kedua itu sudah sebesar Rp9,65 triliun, tapi masih ada beberapa orang yang belum menerimanya. Hal itu diketahui dari cuitan sebagian netizen di Twitter, Jumat (20/11/2020).

Akun Twitter @RiadiNursaputra mengaku mempunyai kebiasaan baru setiap harinya ketika tahu Kemnaker mulai mencairkan BLT gaji termin kedua. Dirinya menyebut setiap bangun pagi selalu mengecek M-banking di gawainya untuk memastikan kalau BLT sudah masuk atau belum.

"Hal rutin yg gw lakuin setiap bangun tidur. Buka m banking, mutasi rekening, cek blt cair apa belum, kalo belum lanjut tidur," tulis @RiadiNursaputra yang dikutip Okezone.

4. Akhirnya Nasabah BCA Ditransfer BLT

Sejumlah netizen yang mempunyai rekening gaji BCA menyatakan sudah menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk para pekerja dengan gaji di bawah Rp5 juta termin kedua. Namun, masih ada yang mengeluhkan bahwa dirinya belum mendapatkan dana segar tersebut.

Dilansir dari laman Twitter ada warganet asal Surabaya mengatakan bahwa dirinya sudah menerima BLT tersebut. Hal itu diungkap oleh seorang akun Twitter bernama @viedandelion, Rabu (18/11/2020).

"@BPJSTKinfo terimakasih BPJS Ketenagakerjaan , Bapak @jokowi BLT tahap 2 BCA sudah cair. Alhamdulillah," tulis @viedandelion yang dikutip Okezone.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini