Bansos hingga BLT Diberikan Awal Januari 2021, Masyarakat Banyak Duit

Dita Angga R, Jurnalis · Rabu 25 November 2020 12:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 25 320 2315801 bansos-hingga-blt-diberikan-awal-januari-2021-masyarakat-banyak-duit-txgI65hFJn.jpg BLT (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara khusus meminta Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara agar segera menyalurkan bantuan sosial (bansos) di awal tahun.

Hal ini disampaikannya saat menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa Tahun 2021.

“Kemudian juga yang berkaitan dengan bantuan sosial. Ini pak Mensos, di awal Januari 2021 juga harus segera diberikan kepada penerima manfaat, kepada masyarakat,” katanya di Istana Negara, Rabu (25/11/2020).

Baca Juga: Pemerintah Akan Tetap Salurkan Bansos pada 2021

Dia mengatakan hal ini dilakukan agar dapat menggerakan ekonomi dan meningkatkan konsumsi masyarakat.

“(Ini) agar belanja masyarakat meningkat, agar konsumsi masyarakat meningkat, sehingga juga menggerakan ekonomi di lapisan bawah,” ungkapnya.

Jokowi mengingatkan bahwa di kondisi krisis seperti saat ini semua jajaran pemerintah harus bekerja cepat.

“Saya sering sampaikan kita dalam kondisi krisis, semangatnya, auranya harus berbeda tidak pada kondisi normal. Semuanya harus, sudah sering saya sampaikan, semuanya harus pindah channel ke extraordinary agar program stimulus ini betul-betul bisa berdampak dan memberikan daya ungkit pada pertumbuhan ekonomi,” ujarnya.

Pada kesempatan itu juga Jokowi menyampaikan bahwa perlindungan sosial menjadi salah satu fokus pemerintah tahun depan dari empat fokus yang ada.

“Yang kedua yang berkaitan dengan perlindungan sosial terutama bagi kelompok yang kurang mampu dan rentan,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini