Pengusaha Buka-bukaan Masalah Ekspor Benih Lobster

Alya Ramadhanti, Jurnalis · Selasa 01 Desember 2020 06:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 30 320 2318911 pengusaha-buka-bukaan-masalah-ekspor-benih-lobster-Xd2SeOTAiz.jpg Lobster (Foto: Okezone)

JAKARTA - Timbul berbagai polemik dalam proses ekspor benih lobster#mce_temp_url#. Salah satunya konflik antar eksportir. Hal itu terjadi karena ada oknum yang memiliki kepentingan di balik ekspor benih lobster.

Bea Cukai telah mengambil sejumlah langkah sterilisasi dengan memproses ekspor komoditas laut tersebut. Namun, hasil dari pengamanan itu belum diketahui hingga saat ini.

Bahkan, Direktur PT Grahafoods Indo Pasifik sekaligus Ketua Persatuan Dunia Lobster Indonesia (Perduli) Chandra Astan mengakui, akibat polemik yang terjadi, benih lobster yang diekspor oleh Persatuan Dunia Lobster Indonesia (Perduli) sempat ditahan oleh pihak keamanan Vietnam.

"Kami berhasil mengirimkan benih lobster untuk pertama kali, tapi esoknya, di Vietnam di block lagi, jadi ada beberapa oknom yang bekerja sama dengan Bea Cukai di Vietnam untuk nge-block produk kami, jadi customer kami enggak bisa ambil," lanjut dia.


Baca Selengkapnya: Carut Marut Ekspor Benih Lobster, dari Penyelundupan hingga Pecah Kongsi

(dni)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini