Kabar Gembira untuk Nasabah Jiwasraya, Erick Thohir Setujui Program Restrukturisasi Polis

Antara, Jurnalis · Sabtu 12 Desember 2020 20:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 12 320 2326530 kabar-gembira-untuk-nasabah-jiwasraya-erick-thohir-setujui-program-restrukturisasi-polis-x9kPtKmBCt.jpg Jiwasraya. (Foto: Okezone/Arief Julianto)

JAKARTA - Nasabah Jiwasraya boleh tersenyum, pasalnya pemerintah telah mengumumkan program restrukturisasi polis. Nantinya, Tim Percepatan Restrukturisasi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) yang akan melakukan program tersebut.

Ketua Koordinasi Tim Percepatan Restrukturisasi Jiwasraya, Hexana Tri Sasongko mengatakan, upaya ini telah dilakukan lebih dari dua tahun. Akhirnya, manajemen baru dan pemerintah pun berhasil mengambil langkah strategis untuk menyelamatkan seluruh polis Jiwasraya.

"Bahkan untuk mempercepat pelaksanaan program restrukturisasi pemerintah telah membentuk Tim Percepatan Restrukturisasi Jiwasraya mengacu pada surat keputusan Menteri BUMN (Erick Thohir)," kata Hexana dalam keterangan resmi di Jakarta, Sabtu (12/12/2020).

Hexana mengungkapkan selain menghentikan produk-produk asuransi yang merugikan, manajemen baru Jiwasraya juga melakukan sejumlah transformasi demi mempertahankan operasional Jiwasraya, hingga akhirnya pemerintah bersama jajaran DPR RI memutuskan untuk melaksanakan program restrukturisasi polis.

jiwasraya

Sejumlah langkah strategis itu, lanjut dia, dilakukan menyusul terus menurunnya kondisi keuangan Jiwasraya sebagai ekses dari tingginya beban bunga akibat penerbitan produk-produk terdahulu.

Ia menjelaskan sebagai rangkaian program restrukturisasi, polis-polis Jiwasraya yang telah direstrukturisasi pun akan dipindah ke entitas baru bernama IFG Life, yang mana akan melanjutkan pemberian manfaat polis eks Jiwasraya ke depannya.

"Dalam dua tahun terakhir pemerintah bersama manajemen baru Jiwasraya telah mengupayakan sejumlah langkah strategis dalam rangka menyelamatkan polis Jiwasraya. Semoga pelaksanaan program restrukturisasi ini dipahami sebagai bentuk perjuangan, komitmen dan tanggung jawab kami kepada nasabah," kata Hexana yang juga Direktur Utama Jiwasraya.

Dalam rangkaian penyelamatan polis Jiwasraya, pemerintah bersama jajaran DPR RI telah menyetujui Penyertaan Modal Negara (PMN) senilai Rp22 triliun kepada IFG untuk mendirikan IFG Life.

Tak hanya itu, untuk memperkuat keuangan IFG Life, manajemen holding BUMN di bidang perasuransian dan penjaminan ini juga akan menyiapkan dana sebesar Rp4,7 triliun yang berasal dari setoran dividen anak usahanya.

Nantinya, IFG Life akan memiliki bisnis di sektor asuransi jiwa, kesehatan, dan pengelolaan dana pensiun dengan membidik pasar yang berangkat dari ekosistem BUMN dan masyarakat umum.

"Tujuan utama program restrukturisasi ini adalah menyelamatkan polis Jiwasraya dengan menjaga keberlangsungan manfaat polis oleh IFG Life ke depannya," katanya.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini