Wapres Wanti-Wanti Pelaku Pasar Modal Syariah soal Risiko Transaksi Saham Online

Giri Hartomo, Jurnalis · Minggu 13 Desember 2020 17:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 13 278 2326889 wapres-wanti-wanti-pelaku-pasar-modal-syariah-soal-risiko-transaksi-saham-online-GOmVyMJdWI.jpg Wapres Ma'ruf Amin (Foto: Setwapres)

JAKARTA - Wakil Presiden Ma’ruf Amin mendorong para pelaku pasar modal syariah untuk bisa memanfaatkan teknologi digital. Apalagi di tengah kemajuan zama seperti saat ini, di mana seluruh aktivitas termasuk perdagangan saham sudah bisa dilakukan lewat online.

Namun menurut Ma’ruf, pemanfaatan teknologi ini juga memiliki dampak negatif yang perlu diantisipasi para pelaku usaha. Termasuk juga para pelaku pasar modal syariah.

“Namun demikian, harus disadari bahwa pemanfaatan teknologi ini juga membawa risiko dan konsekuensi tersendiri. Pelaku industri perlu melakukan mitigasi berbagai risiko yang mungkin akan timbul dari pemanfaatan teknologi termasuk dalam online trading di sektor pasar modal syariah,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Minggu (13/12/2020).

Baca Juga: Wapres Ingin Masyarakat Lebih Paham Pasar Modal Syariah 

Wapres menekankan bahwa para pelaku industri pasar modal syariah harus menyadari bahwa bisnis pasar modal merupakan bisnis yang berbasis kepercayaan. Oleh karena itu, kepercayaan masyarakat merupakan hal yang mutlak harus dijaga.

 

Salah satu caranya adalah dengan melindungi masyarakat sebagai konsumen. Okeh karenanya, perlu masifnya digencarkan edukasi kepada masyarakat mengenai pemanfaatan layanan serta risikonya.

“Masyarakat sebagai investor harus dilindungi dan menjadi prioritas utama. Masyarakat juga harus mendapatkan edukasi dan literasi tentang bagaimana pemanfaatan layanan berikut risiko-risiko yang akan dihadapi,” jelasnya.

Selain itu lanjut Ma’ruf, pelaku pasar modal syariah juga perlu memperkuat infrastruktur sistem online tradingnya, sehingga kepastian keamanan sistem harus terus menjadi perhatian.

“Pelaku industri pasar modal syariah harus memperkuat infrastruktur sistem online trading ini dengan tata kelola yang baik. Kepastian keamanan sistem harus terus menjadi perhatian dan terus disempurnakan,” kata Wapres.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini