BLT Gaji Tak Kunjung Cair, Netizen Bingung Mau Ngadu ke Mana?

Fadel Prayoga, Jurnalis · Senin 21 Desember 2020 07:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 21 320 2331248 blt-gaji-tak-kunjung-cair-netizen-bingung-mau-ngadu-ke-mana-udHWysZQHT.jpg Uang Rupiah (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Pemerintah sudah menyalurkan BLT Subsidi Gaji atau Upah (BSU) kepada lebih dari 11 juta pekerja. Mereka merupakan pekerja yang memiliki gaji atau penghasilan di bawah Rp5 juta dan terkena dampak dari Pandemi Covid-19.

Hingga saat ini, pemerintah sudah menyalurkan bantuan Subsidi gaji termin kedua. Adapun bantuan yang disalurkan adalah Rp1,2 juta untuk dua bulan yakni pada November dan Desember.

Baca Juga: Daftar Penerima BLT Subsidi Gaji Rp1,2 Juta, Terbanyak Pekerja di Jakarta

Hingga 14 Desember 2020, total penyaluran BLT Subsidi gaji termin pertama hingga termin kedua telah mencapai 93,34% atau tersalurkan sebesar Rp 27,96 triliun.

Pada termin pertama, sudah tersalurkan kepada 12,26 juta orang (98,86%) dengan nilai sebesar Rp14,71 triliun. Sedangkan bantuan subsidi gaji pada termin kedua, telah tersalurkan kepada 11,04 juta orang (89%) dengan nilai sebesar Rp13,2 triliun.

Baca Juga: BLT Subsidi Gaji Belum Cair 100%, Begini Pembelaan Menaker

Sejumlah netizen yang belum menerima bantuan tersebut pun mengeluhkan ihwal carut-marutnya pencairan dana ke masing-masing rekening penerima. Mereka bingung harus mengadukan permasalahan ini ke mana, karena hingga kini usaha yang telah dilakukan tak membuahkan hasil.

"Gelombang 1 saya cair dan yg ke 2 ini belum....padahal status di BPJS ketenagakerjaan juga aktif...dan temen2 saya sudah dapat semua.... bingung mau ngadu kemana," tulis akun Twitter @Fenandito2 yang dikutip Okezone, Senin (21/12/2020).

 

"Malam, Sahabat. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Perihal BSU, akan dicairkan bertahap. BPJS Ketenagakerjaan bertugas mengumpulkan dan validasi data calon penerima BSU, penyaluran dan transfer BSU merupakan wewenang Kemenaker sebagai pemilik anggaran. -Vey," balas akun Twitter @BPJSTKinfo.

Kemudian, ada warganet dengan akun Twitter @CiciFau45444683 menanyakan soal dirinya hingga kini tak pernah menerima BLT gaji dari termin pertama maupun kedua. Padahal, dia merupakan peserta BPJS Ketenagakerjaan yang aktif.

"Assalamualaikum ibu,kenapa saya dari awal pencairan BLT gaji yang pertama sampai saat ini saya belum mendapatkan nya,padahal saya pengguna aktif," tulis akun Twitter @CiciFau45444683.

"BLT subsidi gaji tahap ke dua tak kunjung cair,padahal tahap pertama cair,apa penyebabnya,kenapa di PHP terus

@idafauziyah banyak berita cair cair tapi nggak ada buktinya. @jokowi, @sisnaker, @BPJSTKinfo," tulis akun Twitter @Rozi57773924.

Tak hanya itu, ada juga netizen yang curiga kalau dana BLT itu merupakan uang milik BPJS Ketenagakerjaan. Padahal, seharusnya program itu masuk ke dalam alokasi anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

"Baru tau.! Ternyata BLT yang diberikan kepada pekerja yang gaji dibawah 5jt adalah uang bpjs ketenagakerjaan ?

Bener apa nggak??," tulis akun Twitter @giitadinda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini