Libur Natal, Menpar: Jalani Protokol Kesehatan Secara Disiplin, Jangan Lengah

Ferdi Rantung, Jurnalis · Senin 21 Desember 2020 22:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 21 320 2331753 libur-natal-menpar-jalani-protokol-kesehatan-secara-disiplin-jangan-lengah-buYeY3snSO.jpg Menpar Ingatkan Protokol Kesehatan Selama Libur Natal. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio meminta para pelaku usaha di sektor pariwisata dapat menjalankan protokol kesehatan dengan sungguh-sungguh selama liburan Natal dan Tahun Baru 2021. Pasalnya, angka kasus Covid-19 saat ini semakin naik.

"Saya sudah mendapatkan laporan untuk pemesanan hotel dan pesawat di beberapa daerah mulai meningkat. Tentu hal ini sangat menggembirakan. Namun saya ingin mengingatkan kepada semuanya, pelaku sektor pariwisata dan wisatawan bahwa Covid-19 masih ada di sekitar kita. Oleh karena itu saya berharap kita semua dapat menjalani protokol kesehatan secara disiplin jangan sampai lengah," kata Wishnutama dalam siaran pers melalui video, Senin (21/12/2020).

Baca Juga: Pemulihan Pariwisata, Menpar Siapkan Program Book Now Travel Later

Sedangkan untuk para wisatawan, dia berharap agar dapat menjalankan perjalanan wisatanya dengan penuh tanggung jawab. Supaya liburan akhir tahun ini tidak menyebabkan naiknya kasus Covid-19

"Untuk saudara yang ingin berlibur, lakukan perjalanan yang bertanggung jawab. Lakukan tes mandiri dahulu baik rapid antigen atau PCR test demi melindungi diri kita dan orang lain. penting sekali untuk memastikan diri kita sehat dan tidak menjadi pembawa Covid bagi orang lain, selalu gunakan masker di mana pun. Di Bandara, di rest area, pelabuhan, di pesawat, di kapal laut, di tempat wisata dan di tempat lainnya," terangnya.

Baca Juga: Pulihkan Pariwisata RI, Menko Luhut Gandeng China

Dia menambahkan, sektor pariwisata akan bangkit jika masyarakat sehat semua. Untuk itu, pihaknya meminta kepada semua pihak agar dapat melalui badai pandemi ini secara bersama-sama supaya menjadi bangsa yang tangguh.

"Pelaut yang tangguh bukan melawati laut yang tenang tetapi mereka yang dapat melewati badai. Begitu dengan pula bangsa ini tidak akan jadi bangsa yang tangguh jika tidak dapat melewati badai Covid-19 ini," tutupnya.

Sementara itu, Wishnutama Kusubandio mengungkapkan bahwa pihaknya menyiapkan program terbaru untuk memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia. Program itu dinamai Book Now Travel Later, yang bertujuan untuk membantu cash flow para pelaku usaha di sektor pariwisata.

"Kami akan membantu pelaku pariwisata melewati masa sulit ini salah satunya dengan program Book now travel later. Program ini diharapkan dapat membantu cash flow pelaku wisata" kata Wishnutama

Dia menjelaskan bahwa program ini bekerja sama dengan berbagai pihak, seperti travel agent, hotel, dan maskapai. Hal ini dilakukan mendorong wisatawan internasional dan domestik dapat memesan dengan harga khusus.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini