Mensos Risma: Bansos Tak Ada Lagi Bentuk Tunai

Fadel Prayoga, Jurnalis · Rabu 23 Desember 2020 13:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 23 320 2332757 mensos-risma-bansos-tak-ada-lagi-bentuk-tunai-oKiFjgcvo9.jpg Uang Rupiah (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Menteri Sosial Tri Rismaharini menyatakan dirinya akan memperbaiki sistem pemberian bantuan sosial (Bansos) pandemi Covid-19. Nantinya, semua penyalurannya akan menggunakan sistem elektronik dan tak ada lagi pemberian secara tunai.

"Kita akan lakukan dengan transparan dan tidak ada lagi bentuk tunai apapun, tapi akan gunakan secara elektronik," kata Risma di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (23/12/2020).

Baca Juga: Jadi Mensos, Risma Janji Bansos Cair Awal Januari 2021

Selain itu, dia mengaku juga akan berkoordinasi dengan seluruh pemerintah daerah. Sebab, mereka yang mengetahui segala permasalahan yang terjadi di wilayahnya.

"Dan juga masukan dari daerah akan gunakan elektronik sehingga perbaikan data bisa kami lakukan," ujarnya.

Baca Juga: Risma Bakal Rombak Data Penerima Bansos hingga Kurangi Pengeluaran Masyarakat, Caranya?

Mantan Wali Kota Surabaya itu mengaku akan langsung berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri untuk memperbaiki data penerima bansos. Sebab, sudah pasti datanya itu setiap harinya mengalami perubahan.

"Berikutnya, perbaikan data. Kami akan kerjasama dengan Kementerian Dalam Negeri untuk updating data penerima bantuan karena yang memang pasti ada selisih. Karena hari ini ada yang meninggal, dan sebagainya itu yang harus kita tangani," ujarnya.

Menurut dia, dengan penyaluran bansos yang tepat sasaran maka itu juga akan bisa memperbaikik perekonomian Indonesia yang saat ini sedang resesi akibat pandemi Covid-19.

"Karena ini juga berkaitan dengan pergerakan ekonomi nasional," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini