Menko Luhut Bakal Bangun Pabrik Mobil Listrik di Pelabuhan Patimban

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Selasa 29 Desember 2020 15:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 29 320 2335716 menko-luhut-bakal-bangun-pabrik-mobil-listrik-di-pelabuhan-patimban-1ZUq2HwU0e.jpg Menko Luhut (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah tengah mendorong investasi dalam sektor kendaraan listrik. Salah satunya dengan rencana pembangunan pabrik mobil listrik. Hal itu disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

 "Kami berencana bangun pabrik mobil listrik di kawasan dekat Patimban (Jawa Barat)," ungkap Luhut dalam acara Kaleidoskop 2020: Komitmen Negara Membangun Infrastruktur secara virtual, Selasa (29/12/2020).

Luhut tidak merinci perihal kapan dimulai pembangunan pabrik kendaraan listrik itu. Dia hanya menegaskan, kebijakan pemerintah di 2021 akan di dorong melalui penguatan infrastruktur digital, serta efesiensi logistik dan konektivitas.

"Salah satu contoh pembangunan infrastruktur adalah pembangunan Pelabuhan Internasional Patimban yang operasional telah diresmikan oleh Presiden," kata Luhut.

Sebelumnya, Luhut menegaskan, Indonesia tengah mengembangkan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) untuk mengurangi ketergantungan impor bahan bakar minyak (BBM). Salah satu upanya ialah dengan rencana menjalin investasi dengan produsen mobil listrik asal Amerika Serikat, Tesla.

"Tesla juga telah menyampaikan minat yang kuat untuk berinvestasi di Indonesia. Mereka akan lakukan kunjungan di tahun depan bulan Januari," ungkap Luhut beberapa waktu lalu.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita juga mengungkapkan, pihaknya akan mengoptimalkan kunjungan Tesla tersebut sebagai penguatan investasi Indonesia dibidang kendaraan listrik kedepannya.

"Tesla akan mengirim timnya awal Januari 2021 ke Indonesia. Ini merupakan permulaan yang baik. Kita akan akan memanfaatkan sebaik mungkin untuk meyakini mereka investasi di Indonesia," kata Agus dalam Konferensi Pers Akhir 2020.

Baca Juga: Menko Luhut Beberkan Daftar Proyek Strategis Nasional di 2021

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini