Jack Ma Hilang, Bagaimana dengan Kerajaan Bisnisnya?

Reza Andrafirdaus, Jurnalis · Rabu 06 Januari 2021 05:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 05 455 2339307 jack-ma-hilang-bagaimana-dengan-kerajaan-bisnisnya-iq3rjQAEfp.jpg Jack Ma (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pengusaha asal China Jack Ma dikabarkan menghilang sejak beberapa pekan terakhir. Diduga dia menghilang setelah memiliki masalah dengan Presiden China Xi Jinping karena melontarkan kritik terhadap sistem regulasi keuangan China.

Karena kejadian tersebut, nama Jack Ma sempat menjadi trending topic. Banyak ulasan mengenai pribadinya bahkan dunia bisnisnya.

Sebagai informasi, Bisnis pertama Jack Ma yang diluncurkan pada 1999 ini menjadi awal kesuksesannya. Sebelum menjadi raksasa e-commerce seperti saat ini, Alibaba merupakan marketplace untuk B to B berukuran kecil dan sedang.

Tapi, hanya berselang beberapa tahun, pada 2020 Alibaba telah memiliki 1 juta pengguna dan mendapatkan suntikan dana dari perusahaan dunia seperti Goldman Sachs and SoftBank.

Kesuksesan Alibaba membawanya berhasil melantai di New York Stock Exchange pada 2014 dan meraup USD25 miliar pada initial public offering/IPO.

Baca Selengkapnya: Menengok Gurita Bisnis Jack Ma yang Hilang Usai Kritik Pemerintah China

 

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini