Menko Luhut Minta Sandiaga Perbaiki Kualitas Toilet di Tempat Wisata

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 08 Januari 2021 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 08 320 2341190 menko-luhut-minta-sandiaga-perbaiki-kualitas-toilet-di-tempat-wisata-pMU1Gx72j5.jpg Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator Budang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno meningkatkan 5 destinasi wisata prioritas. Salah satunya yakni memperbaiki hal kecil seperti kualitas toilet-toilet pada destinasi wisata prioritas.

Hal itu dilakukan, kata Luhut agar jangan sampai wisatawan kapok berkunjung cuma karena kualitas toilet yang buruk.

Baca Juga: WNA Dilarang Masuk ke Indonesia Per 1 Januari 2021, Apa Dampaknya ke Pariwisata?

"Jadi saya minta Menparekraf (Sandiaga) agar meningkatkan alokasi anggaran ke 5 destinasi tersebut. Seperti soal-soal kecil, seperti WC itu juga perlu diperbaiki. Maka orang datang ke spot itu tak kapok," ujar dalam video rapat koordinasi secara virtual, Jumat (8/1/2021).

Pihaknya juga meminta Menparekraf Sandiaga untuk mendorong pelaku ekonomi di tiap destinasi wisata melakukan transaksi pembayaran digital dengan penerapan QR Code QRIS (Quick Response Indonesia Standard) Bank Indonesia.

Baca Juga: ADB Prediksi Sektor Pariwisata Masih Belum Pulih Tahun Depan

"Pak Menparekraf saya dengar katanya sudah ketemu dan akan mendesain platform supaya sebanyak mungkin menggunakan digital payment jadi tanpa cash lagi," tandas dia.

Seperti diketahui, pandemi Covid-19 telah melumpuhkan berbagai sektor kehidupan masyarakat, tidak terkecuali sektor pariwisata . Melalui Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), pemerintah terus berupaya lakukan terobosan guna mempercepat pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Untuk itu, pemerintah mendorong program Bangga Berwisata di Indonesia. Guna mendukung program Bangga Berwisata di Indonesia, pemerintah juga terus mendorong pembayaran digital, bahkan dari hal kecil seperti pembayaran toilet.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini