Mendag: Harga Kedelai Mungkin Akan Terus Naik hingga Mei

Ferdi Rantung, Jurnalis · Senin 11 Januari 2021 13:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 11 320 2342432 mendag-harga-kedelai-mungkin-akan-terus-naik-hingga-mei-vYXO6ofr6W.jpg Harga Kedelai (Foto: Koran Sindo)

JAKARTA – Harga kedelai mengalami kenaikan dan membuat harga tempe tahun ikut naik. Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan bahwa harga kedelai akan terus menguat sampai akhir Mei 2021.

Lutfi mengatakan, Kementerian Perdagangan akan penengah ketika harga kedelai eksportir dan pengrajin kedelai.

Baca Juga: Jurus Jokowi agar RI Tak Lagi Impor Kedelai hingga Jagung

"Harga kedelai ini mungkin, mungkin ya akan terus menguat sampai akhir Mei 2021. Dan mudah - mudah-mudahan Juni membaik." Katanya dalam konferensi pers, Senin (11/1/2021)

Dia menjelaskan bahwa selama harga kedelai di atas Rp 8.000 per kilogram, kemendag akan menjadi penengah antara pengrajin dan pasar. Hal ini dilakukan untuk menjaga harga yang wajar ketika dijual ke masyarakat.

Baca Juga: Urusan Tahu Tempe Jadi Masalah, Jokowi: Pengelolaan Pangan Harus Diseriusi

"Selama harga kedelai di atas Rp8000 kami akan menjadi penengah antara pengrajin dan pasar untuk memberi tau harga tempe dan tahu yang wajar." Jelasnya

Dia menyampaikan, sejatinya mekanisme tata niaga harga kacang kedelai sudah tidak lagi dipegang oleh pemerintah sejak tahun 2013. Namun, kemendag akan memastikan bahwa harga tahu dan tempe masih dibatas yang wajar.

"Saat ini ketemu harga yang wajar antara pengrajin dan pasar adalah Rp 15.000" terangnya

Dia menambahkan, kenaikan harga kacang kedelai yang terjadi saat ini dikarenakan permintaan global yang sangat tinggi. Sementara itu di saat yang bersamaan Brasil sebagai penghasil terbesar kencang kedelai juga mengimpor dari Amerika serikat.

"Fenomena yang kami sedang pelajari. Tapi dalam hal ini Kami ingin memastikan bahwa barang penting seperti ini akan cukup ketersediaan di tanah air, paling tidak sampai hari raya lebaran" tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini