BLT Lansia Rp2,4 Juta, Begini Kriteria Penerimanya

Rina Anggraeni, Jurnalis · Selasa 12 Januari 2021 18:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 12 320 2343294 blt-lansia-rp2-4-juta-begini-kriteria-penerimanya-Kk35yb8eB3.jpg BLT Lansia Cair Rp2,4 Juta. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kementerian Sosial (Kemensos) mengucurkan bantuan sosial (bansos) untuk masyarakat, melalui Program Keluarga Harapan (PKH). Tahun ini berbagai macam bantuan langsung tunai (BLT) pun siap disalurkan.

Direktur Jaminan Sosial Keluarga Kemensos (JSK) Rachmat Koesnadi mengatakan, Kemensos sudah menyiapkan anggaran bansos tunai yang masuk program PKH termasuk bantuan bagi lansia dan penyandang disabilitas.

Baca Juga: Belum Terima BLT Ibu Hamil dan Bansos Tunai Bulan Ini, Sabar Ya karena Indonesia Luas

"Mereka juga dapat sesuai dalam data Kemensos untuk program PKH. Tapi yang boleh dapat itu hanya satu orang saja dalam satu keluarga untuk yang lanjut usia dan disabilitas berat," ujar Rachmat, di Jakarta, Selasa (12/1/2021).

Dia merinci , BLT lansia dan BLT disabilitas mendapatkan Rp600 ribu untuk per tiga bulan. Jika ditotal selama setahun akan mencapai Rp2.400.000.

"Itu masing-masing dapatnya Rp600 ribu dan disalurkan lewat bank himbara," jelasnya.

Baca Juga: Dear Bunda, BLT Ibu Hamil Rp3 Juta Maksimal 2 Kali Hamil

Sebagai informasi, Pemerintah juga menyatakan akan tetap melanjutkan Program Keluarga Harapan (PKH) bagi 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM). Bagi masing-masing KPM yang memiliki kartu sembako akan mendapatkan bantuan tunai sebesar Rp200 ribu.

Selain itu, PKH membuka akses keluarga miskin terutama bagi ibu hamil dan anak untuk memanfaatkan berbagai fasilitas layanan kesehatan (faskes) dan fasilitas layanan pendidikan (fasdik) yang tersedia di sekitar mereka.

SemenRachmat Koesnadi mengatakan, kondisi geografis menyebabkan pemberian bansos belum merata. Jadi butuh waktu untuk bisa diterima semua warga di seluruh Tanah Air.

"Ini sisanya sudah sedang proses pencairan. Karena masalah geografis dan kesehatan serta pencegahan Covid-19," kata Rachmat saat dihubungi di Jakarta, Selasa (12/1/2021).

Baca Juga: Siap-Siap! Bansos Tunai Rp300.000 Cair Lagi di Februari 

Kata dia, Bansos PKH sudah disalurkan secara transparan dan terbuka. Pasalnya, jika prinsip itu tidak dilakukan mengakibatkan akuntabitas yang tidak memadai.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini