Kabar Gembira, Pemulung Bisa Dapat Bansos

Rina Anggraeni, Jurnalis · Rabu 13 Januari 2021 18:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 13 320 2343934 kabar-gembira-pemulung-bisa-dapat-bansos-VORSdF2o1X.jpg Mensos Risma Segera Beri Bantuan pada Pemulung. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengatakan bahwa tunawisma bisa mendapatkan bantuan sosial. Dirinya ingin tunawisma yang belum mendapat tempat tinggal bisa dibawa ke Balai Rehabilitasi Sosial supaya mendapat bantuan.

"Tapi dia ngomong saya sudah punya rumah bu, saya tinggal, tidak semua berhasil (dibawa). Saya ingin pemulung-pemulung itu juga dapat bantuan karena selama ini mereka tidak dapat bantuan apapun hanya karena mereka tidak punya alamat," tutur Risma dalam rapat virtual, Rabu (13/1/2021).

Baca Juga: Penerima Bansos Wajib Difoto, Mensos: Bank Wajib Kirimkan Datanya

Kata dia, niat untuk memberikan bantuan pada pemulung untuk mensejahretakan mereka. Dia pun sudah mendata pemulung dengan Dukcapil agar bisa mendapatkan bansos.

"Jadi demi Allah saya tidak ada niatan apapun karena mungkin sebentar lagi saya mati besok, atau mati kapan tidak tahu. Tapi bahwa niat saya adalah mau niat membantu. Kami sudah bekerjasama dengan dukcapil untuk mendata mereka," bebernya.

Baca Juga: Jadwal Pencairan BLT Subsidi Gaji Rp2,4 Juta di 2021

Pemerintah tahun ini secara resmi telah mengucurkan bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat. Berbagai Bantuan Langsung Tunai (BLT) pun diberikan untuk melindungi masyarakat terdampak wabah Covid-19.

Melalui Program Keluarga Harapan (PKH) Kementerian Sosial (Kemensos), tahun ini memberikan berbagai macam BLT di antaranya BLT anak sekolah, BLT ibu hamil dan balita, BLT lansia dan BLT penyandang disabilitas.

Pemerintah menyatakan tetap melanjutkan Program Keluarga Harapan (PKH) bagi 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM). Bagi masing-masing KPM yang memiliki kartu sembako akan mendapatkan bantuan tunai sebesar Rp200 ribu

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini