Di Depan CEO, Jokowi Ungkap Peluang Besar Ekonomi Hijau dan Digital bagi RI

Dita Angga R, Jurnalis · Kamis 21 Januari 2021 12:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 21 320 2348299 di-depan-ceo-jokowi-ungkap-peluang-besar-ekonomi-hijau-dan-digital-bagi-ri-1XGtcjbGKw.png Jokowi (Foto: BPMI Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan untuk jangka panjang Indonesia memiliki kekuatan di sektor green product atau produk hijau dan green economy atau ekonomi hijau. Pasalnya sudah mulai berkembang produk dengan low carbon, resource efficient, socially inclusive.

“Semuanya kesetaraan sosial mengurangi risiko lingkungan, efisien sumber daya. Ini yang akan berkembang. Dan kita sekali memiliki kesempatan yang besar juga masuk ke produk hijau dan ekonomi hijau ini. Baik dari sisi produksi, distribusi dan konsumsi, semuanya,” katanya dalam pembukaan Kompas100 CEO Forum Tahun 2021, Kamis (21/1/2021).

Baca Juga: Urusan Gula hingga Kedelai Impor, Jokowi: Padahal Kita Punya Lahan Luas! 

Menurutnya berkembangnya produk hijau ini karena meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap lingkungan hidup. Di mana hal tersebut diyakini akan turut mempengaruhi ekonomi dan bisnis global. Termasuk perekonomian Indonesia

“Karena ke depan semakin tingginya kesadaran masyarakat akan lingkungan hidup, ini akan berpengaruh semua terhadap ekonomi, terhadap bisnis global. Dan tentu saja akan berpengaruh terhadap ekonomi kita,” paparnya.

Jokowi juga menekankan pentingnya semua industri masuk ke ranah digital. Pasalnya di tengah melesatnya perekonomian digital dewasa ini, dia menyebut bahwa industri dituntut untuk dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi.

“Pemerintah, pendidikan, kesehatan semuanya harus masuk pada digitalisasi. Sehingga makin efisien makin kompetitif dan bersaing dengan negara-negara lain,” tuturnya.

Dia kembali menekankan bahwa tahun 2021 merupakan momentum bangkit dari krisis karena pandemi covid-19.

“Jika kita mampu melewati masa krisis ini dengan baik, kita akan lebih siap menjawab tantangan-tantangan ke depan. Bertransformasi negara kita menjadi sebuah kekuatan ekonomi baru, semakin tangguh dan menjadi negara maju,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini