9 Warna Cat dengan Filosofi yang Bawa Suasana Berbeda

Alya Ramadhanti, Jurnalis · Minggu 07 Februari 2021 17:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 07 470 2357975 9-warna-cat-dengan-filosofi-yang-bawa-suasana-berbeda-hhHNaQaFmX.jpg Warna Cat (Foto: Shutterstock)

JAKARTA Warna cat dapat menciptakan nuansa tertentu pada ruangan. Oleh karena itu pemilihan warna untuk dinding harus benar-benar harus diperhatikan.

Sebab, warna cat yang tepat bisa meningkatkan kualitas hidup dan mempengaruhi suasana hati penghuninya.

Pemilihan warna cat harus disesuaikan dengan fungsi ruangan karena setiap warna memiliki arti dan efek tersendiri. Namun tidak sedikit orang yang bingung untuk menentukan warna cat yang cocok untuk rumahnya.

Melansir dari The Spruce, Minggu (7/2/2021) berikut ini rekomendasi sembilan warna cat yang cocok digunakan oleh setiap ruangan di rumah.

Baca Juga: 3 Warna Cat yang Bisa Bikin Ruangan Tampak Lebih Luas 

1. Merah Muda

Sudah terbukti bahwa warna merah muda itu menenangkan dan tenteram. Warna merah muda ini sempurna untuk ruangan yang sering digunakan. Untuk menciptakan perasaan yang menyenangkan, campurkan warna merah muda dengan warna pastel mint atau kuning pucat.

 

2. Hijau Cerah

Untuk ruangan yang menginginkan suasana alami dan netral, warna hijau sangat cocok. Sebab hijau memiliki efek menenangkan. Terlebih warna hujau musim semi yang cerah, sangat ideal jika digunakan pada kamar bayi baik laki-laki maupun perempuan.

3. Kuning

Kuning mentega merupakan warna yang sangat bagus untuk area dapur dan ruang makan. Warna tersebut meningkatkan nafsu makan sekaligus meningkatkan tingkat energi seseorang. Menyantap sarapan di dapur kuning dapat meningkatkan antusiasme dan semangat.

4. Biru Tua

Dinding dengan warna biru memberikan rasa ketenangan dan perasaan aman. Menurut arsitek New York City John Mochelle, cocok untuk kamar tidur utama. Nuansa biru dapat dipadukan dengan warna yang lebih terang untuk menyeimbangkan tampilan, seperti biru muda dengan biru langit.

 

5. Merah Cerah

Jika ingin membuat ruangan dengan suasana berani dan bersemangat, warna merah cerah dapat memberi energi pada ruangan. Faktanya, menurut penelitian terbaru oleh Journal of Athletic Enhancement, warna ini dapat meningkatkan kinerja fisik. Menjadikan dinding aksen merah pilihan yang sangat baik untuk ruang gym di rumah.

6. Lavender

 

Warna lavender memiliki aura misteri dan dapat membangkitkan kreativitas. Warna ini beda dengan warna ungu gelap yang biasanya dikaitkan dengan kesedihan atau frustrasi. Cocok untuk memicu imajinasi di ruang santai dan ruang seni. Padukan dengan warna netral seperti abu-abu atau dengan warna berry yang cantik.

7. Putih

Nampaknya ada warna cat putih yang tak pernah bosan untuk dijadikan pilihan. Warna putih menjadi yang terbaik untuk di ruang makan. Berdasarkan preferensi, warna putih akan membangkitkan atmosfer yang lebih hangat di dalam ruangan.

8. Abu-abu

 

Ciptakan suasana yang menenangkan di pintu masuk dengan warna abu-abu. Dikenal sebagai warna yang meredakan dan menetralkan, warna ini dapat membuat salah satu area paling sering digunakan di rumah Anda terasa tenang dan tertutup. Warna abu-abu yang menjadi favorit condong ke arah putih keperakan. Paduan warna Ini menerangi jalan masuk.

9. Oranye

Warna oranye jeruk cocok untuk ruang kerja. Sebab oranye adalah warna menyegarkan yang memberikan perasaan hangat pada sebuah ruangan. Warna ini juga sangat ideal untuk ruang keluarga dan ruang makan. Jika mengecat dinding dalam ruangan dengan warna oranye tampak terlalu monoton disarankan untuk membuat satu dinding dengan aksen lain.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini