3 Warna Cat yang Bisa Bikin Ruangan Tampak Lebih Luas

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Senin 14 Desember 2020 12:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 14 470 2327229 3-warna-cat-yang-bisa-bikin-ruangan-tampak-lebih-luas-JJsNU94WMA.jpg Warna Cat (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Sebagian banyak rumah saat ini dibangun dengan plafon (langit-langit) yang tinggi. Tujuannya untuk memberikan kesan ruangan yang lebih luas.

Namun, ada cara lain untuk membuat ruangan terasa lebih luas yaitu melalui pemilihan warna cat untuk plafon.

Warna cat plafon yang tepat bisa menipu mata dan memberi kesan tinggi pada plafon. Ini dapat membuat dinding terasa lebih terang dan cerah serta menciptakan ilusi ruangan yang lebih besar.

“Mengecat langit-langit dengan warna yang sama dengan langit-langit juga akan membuat langit-langit tampak lebih tinggi,” kata Karen Grey Plaisted, pengurus rumah dan dekorator di Warwick, New York.

Baca Juga: Jakarta PSBB Lagi, Ini Warna Cat Rumah yang Ciamik untuk WFH 

Dilansir dari Real Simple Jakarta, Senin (14/12/20), beberapa ahli dan desainer membagikan tips dalam memilih warna untuk plafon sehingga menciptakan kesan ruangan yang luas.

1. Pale Blue

Bethany Adams, seorang desainer interior di Louisville, Kentucky, mengatakan pale blue atau biru pucat adalah adalah warna favortinya untuk kamar dengan langit-langit rendah. Alasannya karena warna itu memberikan kesan luas pada ruang sempit.

“Saat kami melihat warna biru di atas, secara naluriah kami merasa seolah-olah berada di luar ruangan, menatap ke langit, yang memberikan kesan luas pada ruang sempit,” katanya.

2. Pale Yellow

Sama seperti biru pucat, warna cat langit-langit yang tidak terduga ini dapat membuat langit-langit tampak lebih tinggi dengan memberikan ilusi sedang berada di luar ruangan. Di mana ada banyak ruang untuk bernapas.

"Kuning pucat adalah pilihan yang baik untuk langit-langit di banyak ruangan karena warnanya yang terang, cerah, dan netral yang cocok dengan banyak palet," kata Dan DiClerico, pakar rumah di HomeAdvisor, sumber daya proyek renovasi.

 

3. Bright White

Felipe Navarro, pemilik Philippe Luxe, sebuah firma desain interior Los Angeles mengatakan bahwa Bright white atau putih cerah adalah warna default untuk langit-langit. Hal ini karena langit-langit putih menambahkan ilusi ketinggian ke ruangan mana pun. Meskipun memiliki warna yang berani atau netral pada dinding, tetap gunakan langit-langit putih agar ruangan terasa lebih tinggi.

“Ini juga akan membuat ruangan lebih modern dan jernih,” tambah Navarro.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini