Kebiasaan Mandi 3 Kali Sehari, Menteri Basuki: Takut Bawa Virus dari Luar

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 11 Februari 2021 14:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 11 320 2360492 kebiasaan-mandi-3-kali-sehari-menteri-basuki-takut-bawa-virus-dari-luar-h5RbCUAf77.jpg Kebiasaan Baru Menteri PUPR Selama Pandemi Covid-19. (Foto: Okezone.com/PUPR)

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mempunyai kebiasaan baru selama pandemi Covid-19. Kebiasaan barunya, semakin sering mandi setiap hari demi menjaga kebersihan dan terhindar dari virus.

Dia menjelaskan, kebiasaan barunya akan berpengaruh pada penambahan kebutuhan air bersih sehari-hari di tengah masyarakat. Dia juga bercerita setiap pagi sebelum memulai aktivitasnya pasti mandi, kemudian habis beraktivitas dengan orang banyak juga akan mandi.

Baca Juga: Menteri Basuki Kantongi Anggaran Kementerian PUPR Rp149,8 Triliun

"Kemudian apabila tiba di rumah usai dari kantor atau beraktivitas di luar rumah saya juga akan mandi. Jadi minimal sekarang itu mandi 3 kali sehari. Ini mengubah peradaban kita," ujar dia dalam webinar terkait pola konsumsi air bersih masyarakat era pandemi Covid-19, Kamis (11/2/2021).

Pihaknya juga bercerita apabila tidak mandi rasanya seperti berdosa, maka itu dia khawatir menularkan virus dari luar rumah ke keluarganya.

"Jadi apabila tidak mandi itu rasanya dosa. Seperti takut nulari bawa virus dari luar," ungkap dia.

Baca Juga: Kota Tanpa Kumuh Serap 7.000 Tenaga Kerja

Disisi lain, lanjut Basuki, saat ini di kantor PUPR mulai banyak fasilitas cuci tangan. Menurut dia, penyediaan fasilitas cuci tangan ini akan terus bertambah bukan hanya di kantornya saja.

"Dulu tiap rumah ada kendi, sekarang cuci tangan, ini mengubah peradaban dan akan menjadi peradaban baru," tandas dia.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini