Heboh Ajakan Jokowi Benci Produk Asing, Ternyata Ada Alasannya

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 05 Maret 2021 03:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 04 320 2372285 heboh-ajakan-jokowi-benci-produk-asing-ternyata-ada-alasannya-LBXLM2M6kq.png Jokowi (Foto: BPMI Setpres)

JAKARTA - Presiden Jokowi menggaungkan benci produk luar negeri atau asing. Jokowi ingin produk dalam negeri menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan masyarakat bangga memakai produk dalam negeri.

"Ajakan-ajakan untuk cinta produk kita sendiri harus kita gaungkan, (cinta) produk dalam negeri gaungkan, gaungkan benci produk-produk dari luar negeri. Jadi bukan hanya cinta tapi benci, cinta barang kita dan benci produk luar negeri," kata Jokowi saat membuka Rapat Kerja Nasional Kementerian Perdagangan (Kemendag) di Istana Negara, Jakarta, Kamis (4/3/2021).

Baca Juga: Tegas! Jokowi Gaungkan Benci Produk Asing 

Strategi tepat yang dimaksud Presiden Jokowi misalnya dengan mendukung produk Bangga Buatan Indonesia, pusat perbelanjaan, serta memberikan ruang bagi produk Indonesia khususnya UMKM.

"Jangan sampai ruang depan, lokasi-lokasi strategis, justru diisi dari brand-brand luar negeri. Ini harus mulai geser. Mereka digeser ke tempat yang tak strategis. Tempat yang strategis, yang baik, berikan untuk brand-brand lokal," jelas Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi juga menyampaikan bahwa branding produk lokal harus melekat agar masyarakat lebih mencintai produk Indonesia dibanding luar negeri.

"Karena penduduk kita berjumlah lebih dari 270 juta jiwa. 270 juta adalah pasar yang besar. Ajakan-ajakan untuk cinta produk kita sendiri harus terus digaungkan," kata Presiden Jokowi.

Baca Selengkapnya: Tegas! Jokowi Gaungkan Benci Produk Asing

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini