Menko Luhut Ceritakan Alasan Presiden Jokowi Gaungkan Benci Produk Asing

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 10 Maret 2021 10:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 10 320 2375380 menko-luhut-ceritakan-alasan-presiden-jokowi-gaungkan-benci-produk-asing-IykCBoDmia.jpeg Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menceritakan alasan di balik pernyataan Presiden Joko Widodo yang menggaungkan benci produk asing.

Menurut dia, pernyataan itu dibuat demi meningkatkan semangat penggunaan komponen dan barang dalam negeri. Di mana Presiden Jokowi ingin benar-benar menegaskan ke semua pihak untuk lebih sadar menggunakan produk dan komponen dari dalam negeri.

Baca Juga: Gaungkan Benci Produk Asing Bisa Picu Pembalasan dari Negara Lain

"Jadi langsung ngomong, kita harus benci lah itu produk luar negeri. Itu maksudnya untuk membangun spirit. Jangan salah mengerti. Presiden bilang ke saya, 'biar Pak Luhut, harus kita gigit sekali-kali', biar kita sadar gitu lho," ujar dia dalam Rakernas BPPT 2021, Rabu (10/3/2021).

Baca Juga: Pengusaha Masifkan Kampanye Cinta Produk Lokal

Dia juga menjelaskan masih banyak barang diimpor padahal sumber dayanya banyak di Indonesia. Seperti Aspal misalnya, meski ada pasokan aspal Buton. Namun masih ada aspal diimpor. Pihaknya meminta Jokowi sebagai Presiden menghentikan impor aspal dan mengunakan aspal Buton.

"Kami bicara aspal misalnya, kita ngapain pak impor aspal? Terbesar aspal kita di Buton. Presiden katanya setuju, kita gas aja pak," ungkap dia.

Kemudian, kata Luhut ada juga pipa yang masih sering diimpor padahal bisa digunakan di dalam negeri. Pertamina salah satu pihak yang masih sering impor pipa.

"Ini kayak pipa juga, pipa ramai sama beliau ini. Pertamina ngawurnya minta ampun, masih impor pipa, padahal bisa dibuat di Indonesia," tandas dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggaungkan cinta produk dalam negeri. Cinta produk dalam negeri didukung dengan program Bangga Buatan Indonesia. Jokowi pun menggaungkan benci produk luar negeri atau produk asing.

Langkah ini perlu digaungkan terus menerus agar masyarakat Indonesia cinta dengan produk dalam negeri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini