Apa Itu TKDN? Penyebab Jokowi Pecat Langsung Pejabat Tinggi Pertamina

Fariza Rizky Ananda, Jurnalis · Kamis 11 Maret 2021 05:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 10 320 2375694 apa-itu-tkdn-penyebab-jokowi-pecat-langsung-pejabat-tinggi-pertamina-PobKybe35J.jpg Menko Luhut (Foto: Tangkapan Layar Dokumen Kemenko Marves)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan ada pejabat tinggi PT Pertamina (Persero) yang dipecat langsung oleh Presiden Jokowi.

"Ada pejabat tinggi Pertamina kemarin itu dipecat presiden langsung. Alasannya TKDN. Kamu cek aja siapa yang diganti itu," ujar Luhut dikutip Rabu (10/3/2021).

Baca Juga: Menko Luhut: Ada Pejabat Tinggi Pertamina Dipecat Presiden Langsung 

TKDN atau Tingkat Komponen Dalam Negeri merupakan preferensi dalam menentukan pemenang dalam proses pengadaan barang atau jasa di beberapa instansi pemerintah atau swasta. Selain itu diartikan juga sebagai nilai isian dalam persentase dari komponen produksi dalam negeri.

Hal tersebut harus dilakukan lembaga negara, kementerian, dan lembaga pemerintah non kementerian, lembaga pemerintah lainnya, satuan kerja perangkat daerah menggunakan dana APBN atau APBD dalam melakukan pengadaan barang dan jasa. Sumber pendanaan serupa juga berlaku bagi BUMN atau badan hukum lainnya yang dimiliki negara.

Dasar hukum dari TKDN diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 29 Tahun 2018 tentang Pemberdayaan Industri. Salah satu poin yang diatur dalam beleid tersebut adalah peningkatan produk dalam negeri, di mana pemerintah pusat, daerah, badan usaha, industri swasta, dan masyarakat diwajibkan menggunakan produk dalam negeri.

"Produk dalam negeri wajib digunakan harus memiliki nilai TKDN paling sedikit 25 persen," tulis Pasal 61 aturan tersebut.

Baca Selengkapnya: Jokowi Pecat Langsung Pejabat Pertamina, Begini Mekanisme TKDN di RI

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini