Viral Emak-Emak Tolak Bayar COD, Kurir: Dapat Rp3.000 tapi Nombok Rp40 Ribu

Fadel Prayoga, Jurnalis · Kamis 11 Maret 2021 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 11 320 2376207 viral-emak-emak-tolak-bayar-cod-kurir-dapat-rp3-000-tapi-nombok-rp40-ribu-mwAiGqbqwu.jpg COD Viral (Foto; Tangkapan IG Makassar_Info)

JAKARTA - Banyak hal baru bagi beberapa masyarakat soal e-commerce. Salah satunya, sebuah video di media sosial Instagram menunjukkan adanya seorang warga yang tak paham arti dari transaksi penjualan cash on delivery (COD).

Diunggah oleh akun Instagram @makasar_info Rabu 11 Maret 2021, diketahui orang yang tidak mengerti dari transaksi COD adalah seorang perempuan.

 Baca juga: KPPU Selidiki Predatory Pricing yang Bunuh UMKM

Dirinya pun meminta kurir tersebut melaporkan perilakunya kepada Presiden Jokowi karena tak ingin membayar pesanannya.

"Lapor polsek sana, lapor Jokowi sana," kata wanita itu yang tidak diketahui identitasnya yang dikutip Okezone, Kamis (11/3/2021).

 Baca juga: Predatory Pricing di E-Commerce, Apa Langkah KPPU?

Menanggapi sikap wanita tersebut, kurir itu meminta agar lain kali tak mengulangi perilakunya yang terkesan lari dari tanggung jawab. Pasalnya, akibat wanita itu tak ingin membayar, dia harus menombok Rp40 ribu.

"Saya yang nombok ini jadinya Rp 40 ribu. Saya cuma dapat Rp3.000 aja kak dari sini malah nombok," keluh kurir itu.

Video itu pun mendapatkan beragam komentar dari netizen. Mereka memberika rasa empati kepada sang kurir karena harus berhadapan dengan konsumen seperti itu.

Tak hanya itu, warganet pun juga ada yang memberikan komentar seharusnya kurir itu juga memberi edukasi kepada wanita tersebut.

"Jahat bgtsi menurut aku, kasiankan kurirnya dia juga ngambil untung ga seberapaa belom lagi nanggung barang yg si ibunya yg ga ngrti cod an," tulis akun Instagram @njwscii_.

"Seorang kurir itu harusnya menjelaskan bukan memarahi, pihak perusahaan harus memberi oembekalan bagaimana melayani pelanggan, agar perusahaan bisa exis dengan pelayanan kurir yg terdidik, jangan asal comot kurir yg tidak beretika... saya juga mantan kurir...," tulis akun Instagram @eli_indrawan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini