Penerima BLT UMKM 2021 Perlu Diperbanyak

Fadel Prayoga, Jurnalis · Jum'at 19 Maret 2021 16:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 19 320 2380689 penerima-blt-umkm-2021-perlu-diperbanyak-GGe7Gh9Hrn.jpg BLT UMKM Dikabarkan Segera Cair. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Nominal BLT UMKM di tahun ini dipastikan mengalami perubahan jika 2020. Namun, hal itu tak akan memengaruhi pemulihan ekonomi karena yang terpenting bantuan tersebut diperluas hingga seluruh pedagang mendapatkannya.

"Menurut saya bukan jumlah atau nilainya yang perlu diperbesar. Tetapi diperluas agar semakin banyak yang bisa mendapatkan bantuan," kata Direktur Riset CORE Piter Abdullah kepada Okezone, Jumat (19/3/2021).

Baca Juga: BLT UMKM Cair, Cek 4 Manfaatnya

Dia mengimbau agar pemerintah fokus terhadap pendataan sebelum mencairkan BLT UMKM tersebut. Sebab, jangan sampai nantinya diterima oleh orang yang bukan terdata sebagai penerima.

"Mereka yang benar-benar butuh dibantu diyakinkan mendapatkan bantuan. Jangan sampai salah sasaran," ujarnya.

Baca Juga: BLT UMKM Cair, Persyaratan dan Berkas Ini Harus Disiapkan

Sebelumnya, Deputi Bidang Usaha Mikro Kemenkop dan UKM Eddy Satria mengatakan setelah pembahasan regulasi difinalisasi, pihaknya menyepakati kalau nominal BLT UMKM akan berbeda seperti tahun lalu. Namun sayangnya dia tak ingin menjelaskan lebih rinci apakah nilai BLT tersebut akan lebih kecil atau besar.

Seperti diketahui, BLT UMKM UMKM pada tahun 2020 tercatat telah tersalurkan 100% dengan total nilai Rp28,8 triliun. Bantuan ini diberikan sebesar Rp2,4 juta per pelaku usaha mikro, dan targetnya sebanyak 12 juta penerima.

"Besaran (BLT UMKM) tidak sama dengan tahun lalu. InshaAllah awal minggu ini kita share info detail," ujarnya kepada Okezone, hari ini.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini