Jokowi Save APBN, Ingin Banyak Proyek Pakai Skema KPBU

Dita Angga R, Jurnalis · Senin 22 Maret 2021 14:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 22 320 2381959 jokowi-save-apbn-ingin-banyak-proyek-pakai-skema-kpbu-aG8qLa77an.jpg Presiden Joko Widodo. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan salah satu proyek pembiayaan menggunakan Public Private Partnership (PPP) atau Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) yakni Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan di Kabupaten Pasuruan Jawa Timur (Jatim). Dia pun mengatakan akan terus mendorong proyek dibiayai dengan model KPBU sehingga beban APBN berkurang.

“Model KPBU ini akan terus kita dorong. Tidak hanya di Umbulan saja tetapi juga untuk proyek-proyek yang lain sehingga beban APBN ini juga akan semakin berkurang. Dan nanti pengelolaannya, justru swasta yang harus bergerak,” katanya Senin, (22/3/2021).

Baca Juga: Percepat Proyek Infrastruktur, Pengadaan Lahan Dipermudah

Dia pun berharap agar proyek hasil pembiayaan KPBU di Pasuruan tersebut bisa bermanfaat bagi masyarakat. Seperti diketahui SPAM Umbulan menghabiskan anggaran sebesar Rp2,056 triliun.

Pada kesempatan itu Jokowi meminta agar bupati/walikota yang wilayahnya teraliri air dari SPAM Umbulan dapat duduk bersama dengan Gubernur Jatim, Menteri PUPR dan Manajemen PT META. Hal ini untuk memastikan siapa mengerjakan apa.

Baca Juga: Erick Thohir-Basuki Rapat Rasa Tamasya Bahas Infrastruktur

Seperti diketahui, air dari SPAM Umbulan ini akan dialirkan ke beberapa kabupaten/kota di Jatim yakni Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Gresik, Kota Surabaya dan Kabupaten Sidoarjo.

“Selesaikan secepat-cepatnya. Sehingga apa yang telah kita bangun dengan skema kerjasama pemerintah dan Badan Usaha atau KPBU atau PPP ini bisa segera kita selesaikan dan bermanfaat betul-betul bagi masyarakat kita,” tuturnya. 

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini