Jelang Seleksi CPNS 2021, Peserta Jangan Percaya Calo

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 25 Maret 2021 10:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 25 320 2383716 jelang-seleksi-cpns-2021-peserta-jangan-percaya-calo-OUvuv86aY7.jpg Jelang Seleksi CPNS 2021. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pemerintah akan membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), sekolah kedinasan hingga Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada tahun ini. Hal ini dilakukan untuk mengisi kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN) baik di pemerintah pusat maupun daerah.

Kepala Badan Kepegawaian Negar (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan, dalam pelaksanaan seleksi rekrutmen tersebut pihaknya akan bekerja kerjas untuk mencegah terjadinya tindak kecurangan. Salah satunya yang sering ditemukan adalah praktik percaloan.

Baca Juga: Cara BKN Berantas Calo dan Joki di Seleksi CPNS

“(Kami) Akan tetap menjaga kualitas transparansi dan akuntabilitas pelaksanaan seleksi ASN. Termasuk juga mencegah terjadinya tindak kecurangan atau percaloan,” ujarnya dalam keteranganya yang diterima MNC Portal Indonesia, Kamis (25/3/2021).

Untuk mengantisipasi praktik percaloan, pihaknya tengah mempersiapkan fitur tambahan pada sistem CAT BKN. Seperti misalnya yakni face recognition yang diperuntukkan untuk mengidentifikasi peserta yang melakukan ujian.

Baca Juga: Mau Daftar CPNS hingga Sekolah Kedinasan, Cek di Sini

“Sehingga dapat meminimalkan adanya percaloan dalam pelaksanaan ujian,” kata Bima.

Bima menambahkan, mdalam rekrutmen ketiganya hanya akan menggunakan satu portal pendaftaran saja yang Sistem Seleksi Calon ASN atau SSCASN. Dengan penggunaan satu portal ini diharapkan akan mempermudah peserta untuk melakukan pendaftaran.

“Untuk mendukung kelancaran proses tersebut, BKN telah melakukan peningkatan fitur teknologi dalam SSCASN,” ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini