Jika Impor Beras, Penerima Bantuan Pangan Nontunai Diminta Beli Beras Bulog

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 29 Maret 2021 13:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 29 320 2385861 jika-impor-beras-penerima-bantuan-pangan-nontunai-diminta-beli-beras-bulog-CmwtDGJZfV.jpg Beras (Foto: Okezone)

JAKARTA - Komisi IV DPR meminta pemerintah mengubah skema penyaluran bantuan pangan non-tunai atau BPNT untuk meningkatkan distribusi beras di Perum Bulog

Hal itu disampaikan oleh Ketua Komisi IV DPR Sudin dalam rapat kerja Komisi bersama pemerintah. Menurutnya, kebijakan itu untuk mencegah stok beras Bulog mengalami penurunan kualitas akibat ditimbun di gudang dalam waktu lama saat terjadi impor.

"Jadi jika ini nanti akan ada impor beras pada Juli entah stok beras Bulog mau diapakan? Kecuali pengambil kebijakan tertinggi di Indonesia mengubah. Maka penerima kartu BPNT wajib membeli beras dari Bulog dengan harga yang sudah ditentukan,” ujar dia di Gedung DPR RI Jakarta, Senin (29/3/2021).

Baca Juga: Jokowi: Sudah Hampir 3 Tahun Kita Tidak Impor Beras 

Sudin meminta Kementerian Pertanian (Kementan) segera memetakan jumlah produksi beras sepanjang tahun ini dan cadangan dari hasil panen tahun lalu serta menghitung angka kebutuhan konsumsi masyarakat hingga akhir tahun nanti.

"Upaya ini penting untuk mengetahui prediksi surplus atau defisit beras sehingga pemerintah dapat menekan rencana impor," ungkap dia.

Dia juga menambahkan bahwa Komisi IV telah mengingatkan berbagai pihak terkait adanya MoU dengan negara importir beras pada rapat kerja pada awal Maret. Pihaknya khawatir rencana impor akan tetap terjadi setelah pertengahan tahun nanti.

"Pasalnya pernyataan Mendag seolah-olah itu pasti ada impor beras, tapi namun hanya tunggu waktunya saja," tandas dia.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi), memastikan pemerintah tidak akan membuka keran impor sampai pertengahan tahun. MoU dengan Thailand pun dilaksanakan hanya untuk menjaga-jaga kondisi stok pangan dalam negeri di tengah pandemi Covid-19 yang penuh ketidakpastian.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini