Jurus RI Percepat Digitalisasi Ekonomi, Kayak Gimana Tuh?

Rina Anggraeni, Jurnalis · Senin 05 April 2021 11:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 05 320 2389443 jurus-ri-percepat-digitalisasi-ekonomi-kayak-gimana-tuh-ZHFctS3PE4.jpg Menko Airlangga (Foto: Setkab)

JAKARTA - Kementerian Koordinator bidang Perekonomian telah melakukan diskusi dengan berbagai Kementerian dan Lembaga serta stakeholder terkait dengan masukan dan pengembangan kerangka strategi nasional ekonomi digital.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartato mengatakan, tentunya bertujuan untuk mewujudkan visi utama yakni pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif dengan optimalisasi di sektor digital.

"Kerangka strategi tersebut disusun dengan memperhatikan kompleksitas dan keterkaitan berbagai kebijakan antar otoritas serta kebutuhan para pemangku kepentingan baik di pusat maupun di daerah," kata Airlangga dalam video virtual, Senin (5/4/2021).

Baca Juga: Digitalisasi Perbankan, BI Awasi Pemain Baru 

Kerangka strategi ekonomi digital ini didukung oleh empat pilar utama yang dipetakan sesuai dengan prioritas nasional dan program-program unggulan pemerintah. Pilar pertama adalah pengembangan sumber daya manusia khususnya talenta digital yang memiliki keterampilan dalam sains dan teknologi.

"Kedua tentu infrastruktur digital dan infrastruktur fisik yang kuat yang dibutuhkan untuk meningkatkan arus ekonomi serta menciptakan peluang kerja di kedua sektor tersebut," imbuhnya.

Pilar ketiga adalah penyederhanaan berbagai birokrasi melalui kebijakan aturan dan standar yang mendukung dan mengurangi hambatan inovasi. Pilar keempat adalah riset dan inovasi digital yang diperlukan untuk menghasilkan nilai tambah industri dan mengurangi ketergantungan sumber daya alam serta mendorong transformasi ekonomi.

"Kerangka strategi ekonomi digital ini juga menyangkut beberapa hal yang lintas sektoral yaitu mempercepat digitalisasi di sektor bisnis dan industri," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini