Pasar AS Menguat, Angin Segar bagi IHSG

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Kamis 08 April 2021 11:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 08 278 2391273 pasar-as-menguat-angin-segar-bagi-ihsg-idObj2w15h.jpg IHSG (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuika menguat pada perdagangan pagi tadi. IHSG menguat 0,09% ke level 6.042.

Investment Specialist Sucorinvest Asset Management Toufan Yamin mengatakan, market Amerika Serikat (AS) yang mengalami penguatan memberikan angin segar bagi pergerakan IHSG. Di mana, saat ini IHSG masih mencoba bertahan dari tekanan jual.

“Kita melihat untuk market memang support dari bank sentral Amerika Serikat masih cukup berjalan ya. Meski pun persepsi global melihat pertumbuhan ekonomi Amerika ini akan berlangsung cukup cepat. Itu terlihat dari kenaikan US treasury sebagai gambaran terhadap inflasi di Amerika sana,” katanya dalam acara Market Opening IDX Channel, Kamis (8/4/2021).

Baca Juga: IHSG Dibuka Menguat Tipis ke 6.039 

Menurut dia, yang disoroti dari market Amerika sendiri adalah program Joe Biden yang akan menaikkan pajak untuk mendorong program perbaikan infrastruktur di Amerika. Diketahui, rencana program perbaikan infrastruktur ini bernilai sekitar USD2 triliun.

Sementara itu, kata Toufan, pergerakan IHSG diprediksi cenderung terbatas. Hal ini disebabkan karena sudah banyak terjadi sell-off sejak akhir Februari sampai Maret.

“Bisa dilihat dari struktur kepemilikan investor asing di pasar modal kita enggak terlalu banyak. Tahun lalu kalau kita lihat dari obligasi sendiri, pemain domestiknya sudah menjadi mayoritas. Investor asing hanya memegang sekitar 23% dari obligasi Indonesia sekarang,” ujar dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini