Cara Sri Mulyani 'Sembuhkan' Ekonomi Bali

Rina Anggraeni, Jurnalis · Kamis 08 April 2021 18:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 08 320 2391571 cara-sri-mulyani-sembuhkan-ekonomi-bali-lb6oC82VCG.jpg Sri Mulyani (Foto: Dok Kemenkeu)

JAKARTA - Pemerintah tengah menyususn strategi revitalisasi dan diversifikasi ekonomi agar Bali tidak hanya mengandalkan pariwisata sebagai satu-satunya sumber ekonomi.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan, diversifikasi dibutuhkan untuk menjaga ketahanan dan keberlanjutan perekonomian ke depan.

Baca Juga: Menko Luhut Beberkan 3 Kunci Pemulihan Ekonomi Bali 

Untuk merevitalisasi sektor pariwisata, perlu penerapan standar Cleanliness, Health, Safety, Environmental Sustainability (CHSE) yang disertai pemantauan dan evaluasi berkala. Selain juga perlu diversifikasi wisata minat khusus dan budaya termasuk kuliner.

"Untuk bangkit pasca pandemi covid-19, Provinsi Bali harus merevitalisasi sektor pariwisata sebagai sektor unggulan, namun dengan tetap mengusahakan diversifikasi," ujar Sri Mulyani dalam video virtual, Kamis (8/4/2021).

Menurutnya, peningkatan kualitas pemasaran pariwisata perlu didukung integrasi pemasaran dan layanan wisata berbasis digital serta diplomasi ekonomi. Di samping itu, tetap diperlukan diversifikasi sektor selain pariwisata yang bisa berkontribusi bagi perekonomian.

"Karena ini menunjukkan bahwa dalam situasi ini, dengan daya inovasi yang besar termasuk ekspor di berbagai bidang yang saya lihat cokelat, merupakan suatu hal yang luar biasa. Kami berharap perekonomian Bali bisa dihidupkan kembali," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini