Cegah Kebakaran di Pasar, Pedagang Minta Hal Ini

Fadel Prayoga, Jurnalis · Selasa 13 April 2021 13:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 13 320 2393847 cegah-kebakaran-di-pasar-pedagang-minta-hal-ini-dq7LkfGsXB.jpg Pasar Tradisional (Foto: Okezone)

JAKARTA - Memasuki bulan Ramadhan dua pasar di kawasan Jakarta terjadi kebakaran. Pertama, terjadi di Pasar Kambing, Tanah Abang dan kedua kemarin si jago merah kini melalap bangunan di di Pasar Minggu Blok C.

Baca Juga:  Lagu Indonesia Raya Berkumandang di Pasar Ini Sebelum Memulai Transaksi Jual-Beli

Menanggapi hal itu, Ketua DPW Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) DKI Jakarta Miftahudin meminta kepada Perumpa Pasar Jaya untuk mempersiapkan APAR atau penanganan kebakaran secara dini di seluruh lokasi pasar. Hal ini demi mencegah terjadinya kebakaran di lokasi lainnya.

"Kami mendorong agar Perumda Pasar Jaya mempersiapkan APAR atau penanganan kebakaran secara dini," kata Miftahudin kepada Okezone, Selasa (13/4/2021).

Baca Juga: Revitalisasi Pasar Bisa Pulihkan Ekonomi, Wapres: Berbelanjalah di Sini

Menurut dia, bila Perumda Pasar Jaya tak juga melakukan langkah pencegahan secara baik, maka buka tidak mungkin kejadian seperti ini akan terulang lagi. Terlebih, kini sedang bulan Ramadhan, yang mana harusnya menjadi waktu para pedagang untuk memupuk pundi-pundi keuangan.

"Kita tahu bahwa kebakaran di bulan Ramadhan merupakan pukulan berat bagi pedagang pasar, jika itu tidak diantisipasi dengan baik maka akan menimbulkan kerugian yang cukup besar," ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga mendorong Perumda Pasar Jaya untuk memberikan penampungan alternatif bagi para pedagang Pasar Minggu Blok C yang tertimpa musibah kebakaran.

"Pemprov DKI mengambil alih upaya percepatan pembangunan penampungan jika terlalu larut maka pedagang akan merugi karena ini adalah bulannya panen pedagang maka kami berharap agar lebih cepat dan responsif terhadap upaya-upaya penanganan," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini