Jokowi: Kita Tak Perlu Impor Beras tapi...

Avirista Midaada, Jurnalis · Kamis 29 April 2021 14:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 29 320 2402856 jokowi-kita-tak-perlu-impor-beras-tapi-PyHobNAD15.jpg Presiden Jokowi Tinjau Panen Raya di Malang. (Foto: Okezone.com)

MALANG - Presiden Joko Widodo memastikan impor beras tidak akan dilakukan pemerintah apabila stok beras melimpah. Hal ini disampaikan saat Jokowi melakukan panen raya di Desa Kanigoro, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang, hari ini.

Presiden Jokowi, pihaknya bersama Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Bupati Malang HM. Sanusi ingin memastikan ketersediaan beras dan produksi padi betulmmencukupi kebutuhan seluruh rakyat Indonesia.

Baca Juga: Cadangan Beras Pemerintah 1,4 Juta Ton hingga Mei 2021

"Sehingga, kalau itu betul-betul ada barangnya, ada padi yang dipanen, kemudian muncul produksi menjadi beras, kepastian mengenai jumlah bisa dikalkulasi, bisa dihitung. Oleh sebab itu kita tidak perlu yang namanya impor, tapi itung-itungannya harus pasti," ujar Joko Widodo, pada keterangannya di Kanigoro, Kabupaten Malang.

Baca Juga: Hingga Hari Ini, Bulog Serap 200.000 Ton Beras Hasil Panen Petani

Dari hasil tinjauannya di persawahan di daerah Desa Kanigoro, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang, Presiden Jokowi melihat potensi produksi padi yang begitu tinggi. Presiden Jokowi mendapati bahwa satu hektare yang ditanam dengan varietas IPP 3S, bisa menghasilkan padi gabah 12 ton.

"Hasil yang bagus sekali, dan akan saya akan tindak lanjuti dengan IPB agar bsia dikembangkan dalam jumlah besar lagi. Sehingga ketahanan pangan dan kedaulatan pangan kita bisa dipenuhi tanpa harus impor dari negara lain," tuturnya.

Pria kelahiran Solo ini juga berujar bahwa beberapa petani meminta akses sarana prasarana pertanian. Hal ini disampaikan para petani di Kabupaten Malang yang berdiskusi dengan Presiden Jokowi.

"Ada beberapa hal yang juga dibutuhkan oleh petani yang memang memerlukan proses, berkaitan dengan penggunaan alat-alat, sarana prasarana yang berkaitan dengan teknologi. Tadi diminta oleh para petani mengenai mesin panen, traktor, dan hal yang lain. Saya kira ini akan kita penuhi, karena sangat dibutuhkan oleh para petani," tukasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini