Sabar, Pencairan BLT UMKM untuk 3 Juta Pelaku Usaha Tunggu Sri Mulyani

Fadel Prayoga, Jurnalis · Jum'at 14 Mei 2021 18:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 14 320 2410243 sabar-pencairan-blt-umkm-untuk-3-juta-pelaku-usaha-tunggu-sri-mulyani-imEv3Bc7Gs.jpg Rupiah (Shutterstock)

JAKARTA - Pemerintah telah mencairkan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau BLT UMKM Rp1,2 juta kepada 9,8 juta pedagang, beberapa waktu lalu. Namun, hal itu masih kurang dari target yang ditetapkan, yaitu 12,8 juta pelaku usaha penerima BLT UMKM.

Menanggapi hal itu, Deputi Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM Eddy Satriya menjelaskan, bahwa pihaknya telah mengajukan anggaran untuk penyaluran BLT UMKM ke 3 juta pedagang kepada Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan (DJA Kemenkeu).

Baca juga: Cara Pastikan Dapat BLT UMKM, Begini 5 Faktanya

Namun, pihaknya belum bisa mencairkan dana segar tersebut, karena hingga kini belum mendapatkan restu dari Menteri Keuangan Sri Mulyani.

"Masih nunggu kepastian anggaran dari DJA KEMKEU untuk 3 juta penerima," ujarnya kepada Okezone, Jumat (14/5/2021).

Dia mengaku belum bisa memastikan kapan pencairan BLT UMKM kepada 3 juta pelaku usaha itu akan dilaksanakan, karena hingga kini pihaknya masih menunggu jawaban dari DJA Kemenkeu.

"Anggaran juga belum ada. Lagi nunggu kepastian anggaran," kata dia.

Seperti diketahui, BPUM yang telah disiapkan tahun 2021 ini sebesar Rp11,76 triliun yang akan diperuntukkan bagi 9,8 juta pelaku usaha mikro di seluruh Indonesia. Diharapkan akan ada tambahan untuk 3 juta penerima lagi.

Dengan adanya BPUM dapat membantu pelaku usaha tetap bertahan di masa pandemi Covid-19 yang belum mereda. Meski tahun ini jumlahnya turun menjadi Rp1,2 juta per penerima.

Selain BPUM, ada juga bantuan program restrukturisasi, pemberian subsidi bunga KUR dan non KUR, PPh final ditanggung pemerintah, imbal jasa penjaminan dan penyediaan dana bergulir bagi koperasi yang disalurkan melalui Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) yang merupakan Satuan Kerja dari KemenkopUKM.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini