Lihat Keindahan Alam, Sandiaga Uno Canangkan Kota Batu Sebagai The Honeymoon City of Indonesia

Tim Okezone, Jurnalis · Sabtu 22 Mei 2021 16:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 22 320 2414023 lihat-keindahan-alam-sandiaga-uno-canangkan-kota-batu-sebagai-the-honeymoon-city-of-indonesia-Hc0V2beyzg.jpg Menpar Sandiaga Uno. (Foto: Okezone.com/Kemenpar)

MALANG - Keindahan alam serta eksotismenya suasana pegunungan di kawasan Kota Batu menghadirkan suasana menyejukkan. Terlebih mereka yang menginjakkan kaki ke Batu Love Garden, Kota Batu, Malang, Jawa Timur

Beragam spot bertema cinta dengan latar Gunung Arjuna membawa keromantisan bagi mereka yang berkunjung ke sana. Atas perpaduan tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno pun mencanangkan Kota Batu sebagai The Honeymoon City of Indonesia.

"Kalau kita lihat Gunung Arjuna ini sangat cantik sebagai back drop, beberapa spot di sini sangat instagramable menurut saya, dan tadi saya bilang 'belum lengkap pasangan pernikahan kalau belum datang ke Baloga'," ungkap Sandiaga Uno pada Sabtu (22/5/2021).

Baca Juga: Sandiaga Siapkan 3 Amunisi Bantu Daya Saing Pelaku Parekraf

"Buat para honeymooners di seluruh Indonesia, Kota Batu adalah tempat yang sangat-sangat cantik untuk kalian ber-honeymoon. Jadi ini adalah The Honeymoon City of Indonesia," ujarnya bersemangat.

Pemberian julukan itu disampaikan Sandiaga Uno bukan tanpa alasan. Dirinya yang berlari maraton dari Hotel Jambuluwuk menuju Batu Love Garden, pada Sabtu (22/5/2021) pagi itu menyaksikan indahnya pemandangan alam Kota Batu.

Potensi alam tersebut katanya harus dikembangkan oleh seluruh pihak, melalui kolaborasi pemerintah, dunia usaha dan masyarakat setempat.

Baca Juga: Sandiaga Uno: Covid-19 Paksakan Kita Sesuaikan Pariwisata Era Baru

Tujuannya diharapkan Sandiaga Uno agar dapat menghadirkan solusi dan pemerintah menciptaan lapangan kerja di tengah pandemi covid-19.

"Karena Batu Love Garden yang hari ini bisa dikenal sebagai Jatim Park 4 menjadi satu destinasi wisata yang ingin kami kolaborasikan dengan pemerintah, dunia usaha," ungkap Sandiaga Uno.

"Saya juga sangat mengapresiasi, di tengah-tengah pandemi, di tengah-tengah kesulitan ekonomi temen-temen Jatim Park, berkomitmen untuk terus berinvestasi, membuka lapangan kerja, meningkatkan keterampilan dari para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif, mulai dari aspek digitalnya sampai dengan aspek landscape dan tadi juga ada wisata berbasis olahraga yang dibalut dengan keindahan alam," lanjutnya.

Harapan selanjutnya, Sandiaga Uno menyampaikan, pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) melalui dana hibah pariwisata harus dapat dilaksanakan secara tepat sasaran, tepat manfaat, tepat tujuan dan tepat waktu.

Oleh karena itu, dirinya mengajak seluruh pihak untuk ikut mengawal program pembiayaan tersebut.

Sehingga program penyaluran insentif itu dapat menyentuh seluruh pelaku usaha parekraf, mulai dari restoran dan hotel, hingga pengelola destinasi wisata dan taman rekreasi.

"Harapan saya, dengan investasi ini terbuka lapangan kerja seluas-luasnya dan Kota Batu ini punya sejarah dan pada satu saat setelah pandemi covid-19 ini Kota Batu akan kembali memasuki era-era keemasan sebagai kota berbasis wisata," jelas Sandiaga Uno berharap.

"Kami di pemerintah pusat akan selalu mendukung, berkolaborasi dengan pemerintah daerah," tutupnya.

Bersamaan, Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko menyampaikan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh Kemenparekraf.

Beragam program pemulihan sektor parekraf diharapkannya dapat membawa Kota Batu menjadi kota wisata berbasis alam ke depannya.

"Saya ucapkan terima kasih, matur nuwun kehadirannya, ini adalah salah satu support di tengah situasi-kondisi pariwisata yang sangat sulit. Tapi ini suatu semangat yang disampaikan oleh mas menteri dan terima kasih sebentar lagi kita akan mendapat support dari bantuan pariwisata, itu nanti akan kami laksanakan sebaik-baiknya," ungkap Dewanti.

"Dan terima kasih lagi bapak meng-endorse kota wisata batu untuk The Honeymoon City. Jadi saya terima kasih, mudah-mudahan ini youtube-nya mas menteri bisa menjadi viral dan semua pengantin baru akan datang ke kota batu dengan protokol kesehatan yang kita jaga dengan ketat," ujarnya.

"Terima kasih mas menteri, sukses selalu dari kami di Kota Batu, mudah-mudahan mas menteri bukan hanya sekali ini, sebentar lagi sama Mpok Nur ke sini, kita akan menyambut dengan gembira ria," tutup Dewanti disambut tawa Sandiaga Uno.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini