Menko Luhut Waspadai Kenaikan Kasus Covid-19 Pasca Lebaran

Michelle Natalia, Jurnalis · Kamis 27 Mei 2021 16:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 27 320 2416303 menko-luhut-waspadai-kenaikan-kasus-covid-19-pasca-lebaran-BpwRDSbZXC.jpg Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan (Foto: Dokumentasi Kemenko Marves)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan  mengaku tengah menyoroti perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia. Berdasarkan hasil tracking-nya trend new cases fatality rate (Covid-19) di Indonesia nampak menurun.

Baca Juga: Diklaim Mampu Obati Covid-19, Kenali Ciri Obat Herbal LQC Donasi yang Berbahaya

"Meskipun seperti Filipina, India, Perancis dan Italia tren new cases naik, tapi kita tetap harus hati-hati karena setelah balik lebaran ini kelihatan juga ada peningkatan walaupun peningkatan itu tidak seperti yang kita bayangkan," ujar Luhut di Jakarta, Kamis (27/5/2021).

Dia mengatakan, masih ada waktu 2 minggu ke depan untuk mewaspadai kira-kira perkembangan kasusnya sampai di mana.

Baca Juga: Terungkap, Belum Ada Obat Herbal yang Terbukti Sembuhkan Covid-19

"Kalau kita lihat angka, strategi kita cukup ampuh menangani Covid-19 mungkin juga karena jumlah yg divaksin sudah makin cukup banyak," tambahnya.

Dia pun menyebut bahwa kinerja PDB masih terbatas sektor riil. Jika melihat aspek pertama yakni konsumsi rumah tangga, nampak indikasi perbaikan berlanjut.

"Kemudian kita lihat aspek kedua konsumsi pemerintah, ketiga investasi, dan keempat ekspor dan impor. Jadi kalau kita lihat itu masih cukup bagus," ucap Luhut.

Dilihat dari data, pertumbuhan ekonomi Indonesia sudah mulai ada perbaikan di kuartal IV 2020. "Walaupun kita lihat kuartal I 2021 masih kontraksi 0,7% tapi terus membaik. Kita tadinya berharap bisa lebih bagus, tapi belum sebaik yg kita harapkan," pungkas Luhut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini